• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Kenalkan Durian Kita sebagai Durian Kutai Barat

4 February
17:14 2020
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar: Banyak Masyarakat luar hanya mengetahui Durian di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dengan nama “Durian Melak”. Otomatis dari nama itu menidentikan bahwa Durian Kutai Barat hanya ada di Wilayah Melak. Padahal banyak daerah penghasil durian di Kabupaten yang berpenduduk lebih dari 145.000 jiwa tersebut.

Menanggapi hal itu, Bupati Kutai Barat FX. Yapan mengajak kepada Masyarakat agar bersama-sama memperkenalkan buah lokal tersebut dengan nama “Durian Kutai Barat” sehingga seluruh Daerah pengasil durian diwilayah ini dapat merasakan dampaknya.

Karena, lanjut, FX. Yapan, setiap daerah pengasil Durian di Kutai Barat memiliki kualitas dan cita rasa yang berbeda-beda. Sehingga demikian, Daerah penghasil durian terbaik akan merasakan dampak positif, salah satunya dari sisi minat konsumen yang otomatis mempengaruhi perekonomian masyarakat.

“Jadi mereka belum tahu bahwa di Melak itu sesungguhnya tidak ada durian, nah kita mau merubah ini supaya masyarakat memperkenalkan durian Kutai Barat ini keluar Daerah bukan durian Melak tetapi durian Kutai Barat. Kasian seperti Lingau, Sembuan, Tering, Long Irang yang penghasil durian tidak terikut. Makanya kita mau merubah ini Durian Kutai Barat, karena disitu semua penghasil durian di Kutai Barat include, kalau dari Melak aja, hanya khusus Melak, padahal durian di Kubar ini dari mana-mana,”lanjutnya 

Senada, Sekretaris Komisi I yang juga Wakil Ketua Badan Kehormatan DPRD Kubar Yono Rustanto Gamas mengatakan meskipun hanya sebuah nama, namun sangat berdampak pada hasilnya, meningngat daerah penghasil durian di Kutai Barat memiliki potensinya masing-masing.

“Ya itu mungkin dulunya Kutai Barat yang mereka tahu hanya Melak, mereka tidak tahu daerah lain, padahal potensi durian inikan dari berbagai Kampung dan Kecamatan, seperti Kecamatan Long Iram, Kecamatan Mook Manaar Bulatn, juga Kecamatan Nyuatan dan Barong Tongkok yang banyak duriannya. Ya tapi itulah, karena dulunya orang kenalnya Melak belum kenal Kecamatan yang lain, tapi ini kita usahakan artinya bahwa ini bukan durian Melak tapi Durian Kutai Barat,”katanya kepada RRI Selasa (4/2/2020).

Seperti diketahui, sejumah Daerah penghasil Durian di Kabupaten Kutai Barat diantaranya Kecamatan Long Iram, Nyuatan, Mook Manaar Bulatn, Tering, dan Kecamatan Barong Tongkok. Bersumber dari pekarangan penduduk, ladang, lembo, dan hutan pinggiran sungai.

Demikian juga dengan jenisnya yang beragam diantaranya, Durian Mawar, Durian Metega, Durian Belimbing, Durian Perahu dan Durian Tembaga. Dengan usia rata-rata di atas 30 bahkan ratusan tahun dari peninggalan nenek moyang.

00:00:00 / 00:00:00