• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

PSLH ITB Inisiasi Pemanfaatan Teknologi Drone Pengelolaan Lingkungan Hidup

3 February
16:33 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bandung:Perkembangan teknologi drone di tanah air saat ini sangat pesat. Namun pemanfaatannya, belum dilakukan secara maksimal. Drone saat ini masih sebatas hobi dan mainan bagi sebagaian masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan  Kepala Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) ITB, Tjandra Setiadi. Menurutnya, drone dapat dimanfaatkan secara maksimal baik untuk ilmu pengetahuan maupun penunjang lainnya, seperti dalam pembangunan.

“Gimana kita menggunakan drone fokus untuk lingkungan hidup. Ini bisa dibilang terobosan. Terobosan yang dibuat ITB bekerjasama dengan APDI (Asosiasi Pilot Drone Indonesia), dimana kita menggunakan drone ini betul-betuldirasakan kegunaan pemanfaatannya bagi pengelolaan lingkungan hidup,”ucapnya disela pelatihan Pemanfaatan Drone untuk Pengelolaan Lingkungan Hidup, di PSLH ITB jalan Sangkuriang Kota Bandung, Senin (3/2/2020).

Lebih lanjut dikatakan Tjandra, pihaknya menginisiasi pelatihan khusus pemanfaatan drone untuk pengelolaan lingkungan hidup. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, drone dapat dimanfaatkan bagi ilmu pengetahuan maupun  analisasi lingkungan. Apalagi bagi pemerintah daerah, dapat memanfaatkan drone untuk pemetaan maupun  kepentingan tata ruang.

Hal senada juga dikatakan Koordinator Pelatihan Pemanfaatan Drone Untuk Pengelolaan Lingkungan Hidup, Hikmat Ramdan. Menurutnya, dengan pemanfaatan drone dapat memudahkan berbagai analisasi, khususnya pengelolaan lingkungan hidup. Ia mencontohkan sebelum adanya teknologi drone, untuk membuat peta ataupun analisasi udara, diperlukan pesawat terbang dan bahkan satelite. Selain membutuhkan waktu yang cukup lama, menurutnya biaya yang dikeluarkan juga cukup besar.

“Dengan drone, pekerjaan yang lama bisa selesai cepat dengan biaya murah. Seperti untuk pemetaan dan analisa lainnya dari udara,”ucapnya.

Selain teknologi drone yang sudah berkembang pesat, menurut Hikmat aplikasi penunjang juga kini mudah didapat. Namun sayang, kemajuan teknologi drone di Indonesia khususnya Jawa Barat  ini menurutnya belum dapat dimanfaatkan secara maksimal, khususnya oleh para pemangku kebijakan, pemda untuk kepentingan analasi amdal, kebencanaan ataupun lainnya.

Sementara dalam pelatihan yang diikuti berbagai peserta dari beberapa daerah di Indonesia, menurut Hikmat selain akan dikenalkan regulasi dasar drone, juga mengenai teknologi dan aplikasinya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00