• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

"Kipas Kacang" Camilan Manis Khas Bukittinggi

2 February
13:55 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bukittinggi : Selain terkenal dengan Jam Gadang nya, Kota Bukittinggi juga memiliki beragam kuliner khas yang akan menggoyangkan lidah para penikmatnya.

Salah satunya kipang kacang, kuliner khas kota wisata ini merupakan sejenis camilan ringan dengan keunikan rasanya yang legit dan manis, serta terasa renyah apabila digigit. Kipang kacang adalah jajanan ringan yang terbuat dari bahan dasar kacang tanah. Bahan utama ini diolah dengan gula merah, garam dan vanilla.

Kemudian dicetak menjadi bentuk kotak persegi. Jajanan ini ternyata merupakan buah dari inovasi masyarakat setempat. Inovasi dibuat lantaran banyaknya bahan baku di sekitarnya. Jadi, penjualan kacang tanah bisa lebih optimal.

Jajanan khas ini pertama kali lahir di Nagari Balingka, Kabupaten Agam. Namun camilan khas ini terkenal sebagai jajanan khas di Bukittinggi, Sumatera Barat. Dikatakan seperti itu karena kawasan itulah yang banyak menyediakan camilan kipang kacang.

Pasalnya, kawasan tersebut menjadi produsen kacang tanah dengan kualitas bagus. Sekaligus karena jajanan ini dibuat dan ditemukan lebih mudah di kawasan tersebut. Kacang tanah ini kemudian diproses menjadi camilan yang legit. Tentunya rasa manis ini berasal dari gula merah yang dominan di dalamnya.

Gula merah ini tak hanya sebagai pemberi rasa legit, namun juga dimanfaatkan sebagai perekat kacang tanah. Alhasil, kacang tanah berbalur gula merah menjadi mengeras, membuatnya mudah dibentuk seperti yang dijumpai di Bukittinggi.

Camilan ini juga banyak ditemukan di berbagai daerah. Bukan hanya di Sumatera Barat, namun sudah banyak dijumpai di pulau Jawa.

Tentunya dengan nama yang berbeda. Untuk karakteristiknya, camilan ini memiliki rasa yang manis. Rasa manis ini berasal dari gula merah yang melingkupinya. Malahan, gula merah ini juga menjadi bahan utama yang tidak tergantikan oleh bahan lainnya. Tekstur dari kipang kacang ini memang keras, tapi tidak perlu khawatir, camilan ini renyah ketika digigit..//(JM/RRi BKT)

00:00:00 / 00:00:00