• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pandeglang Siap Dijadikan Lokasi Pembangunan Bandara Baru di Banten

29 January
22:58 2020
0 Votes (0)

KBRN, Pandeglang : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang mengaku siap untuk dijadikan sebagai lokasi pembangunan bandara baru di Provinsi Banten. Bahkan Pemkab berharap Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memilih Pandeglang sebagai lokasi pembangunan bandara baru tersebut.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya disebut-sebut sedang menimbang lokasi bandara baru, yakni di daerah Teluk Naga Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, atau Pandeglang.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengaku, kesiapan itu telah dibuktikan dengan menyediakan lahan mencapai 540 hektar di Kecamatan Sobang. Bahkan Irna menyebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) sudah menyetujui pengalihan fungsi ratusan lahan milik Perhutani itu.

"Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pun sepakat atas permohonan kami lahannya bakal digunakan," jelasnya, Rabu (29/1/2020).

Bagi Irna, wacana yang kembali diembuskan Kemenhub itu, menjadi kesempatan emas untuk kedua kalinya. Sebab sejatinya, beberapa tahun lalu wacana pembangunan Bandara Banten Selatan (Bansel) di Pandeglang sempat mencuat. 

Sayang, rencana itu harus dihapus dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) lantaran lahan yang sudah ditetapkan, tidak diperpanjang oleh Pemerintah Provinsi Banten.

"Ini kesempatan emas kedua kalinya loh, ibu tidak akan menyia-nyiakan dan siap berjuang lagi agar Bansel itu jadi kembali di Pandeglang," ucap Irna menggebu-gebu.

Irna meyakinkan bahwa pembangunan bandara di Pandeglang merupakan pilihan yang tepat. Karena kini, beberapa PSN juga sudah dirancang di Pandeglang seperti jalan tol dan reaktivasi rel kereta api. Hal itu dipercaya akan menjadi penunjang yang baik bagi kehadiran bandara.

"Bahkan saat ini Peraturan Daerah (Perda) RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) final direvisi. Dengan begitu tidak ada hambatan soal penentuan penetapan lokasi seperti di Kecamatan Sobang dan Panimbang," imbuhnya semangat.

Ibu tiga anak ini juga meyakini, kehadiran bandara di Pandeglang tidak cuma dapat menjadi alternatif bagi Bandara Soekarno-Hatta yang mulai sesak. Lebih dari itu, hadirnya bandara akan menjawab ketimpangan ekonomi yang selama ini dialami masyarakat Banten Selatan.

"Usia Pemprov (Banten) sudah 19 tahun, sementara masyarakat Banten Selatan masih banyak yang miskin. Ada ketimpangan tadi si kaya dan si miskin. Jadi bagaimana pemerintah bisa melakukan pemerataan pembangunan. Ya saya berharap bandara Banten Selatan itu ada di Pandeglang," tutur Irna.

Oleh karenanya, alumni Komisi IV DPR RI itu berharap besar Pemprov Banten melihat keseriusan Pandeglang menyambut bandara baru. 

"Kami berharap tidak ada disparitas ketimpangan antara Banten Utara, yakni Tangerang dan sekitarnya dengan Banten Selatan seperti Pandeglang dan Lebak. Saya berharap kepada bapak gubernur untuk bisa mengusulkan bandara baru di Pandeglang.” harap ibu tiga anak ini.

  • Tentang Penulis

    Dendy Fachreinsyah

    Reporter di Stasiun Produksi RRI Banten. Penganut seni berdistorsi.

  • Tentang Editor

    Heri Firmansyah

    Redaktur RRI-Online

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00