• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Optimalisasi P4GN, BNN Perpanjang Kerja Sama dengan Citilink Indonesia

29 January
22:12 2020
1 Votes (5)

KBRN, Denpasar Barat : Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) telah menggalang kerja sama dengan PT Citilink Indonesia sejak tahun 2017. Kerjasama itu sudah dituangkan kedalam sebuah nota kesepahaman diantara keduabelah pihak mulai tiga tahun lalu. 

Dan pada rapat tingkat pimpinan di Bali, BNN kembali memperpanjang Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Citilink Indonesia. Perpanjangan MoU itu ditandatangani Kepala BNN RI Komisaris Jenderal Polisi Heru Winarko dan Direktur Utama PT Citilink Indonesia Juliandra. 

Komjen Pol Heru Winarko menjelaskan, perpanjangan kerja sama ini untuk mengoptimalkan program P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba). MoU ini akan ditindaklanjuti dengan sosialisasi, pelatihan, termasuk test urine bagi para awak kabin. Langkah itu disebut upaya mewujudkan keselamatan penerbangan. 

"Melalui MoU ini, kami dari BNN mendapatkan privilege (hak istimewa) untuk beberapa hal, terutama kalau kita membawa tersangka, membawa barang-barang bukti yang lainnya, itu yang kita perlukan," katanya disela-sela penandatanganan perpanjangan MoU di Denpasar, Rabu (29/1/2020) malam. 

"Termasuk kecepatan, dan ketepatan, semisal kita mendapat privilege, yang seharusnya segera berangkat, kita bisa segera berangkat," sambungnya. 

Kerjasama tersebut juga mencakup privilege bagi petugas BNN dalam memeriksa barang bawaan penumpang ataupun cargo yang dicurigai. 

"Termasuk itu (pemeriksaan barang). Dan tadi saya sampaikan ke Pak Dirut, bahwa kedatangan saya disini, selain rapat tingkat pimpinan, juga melihat sarana IT yang sudah kita bangun dibeberapa tempat/pos, termasuk di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Bali," ujarnya. 

Heru Winarko berharap, kerjasama ini juga bisa ditindaklanjuti dengan koneksi manifes ke server IT Badan Narkotika Nasional. Menurutnya, BNN RI telah membangun sarana IT di 7 bandar udara di Indonesia. Koneksi server IT BNN dengan manifes penerbangan disebut untuk mempermudah pelacakan. 

"Sarana IT itu kita harapkan juga terkoneksi utamanya manifes penerbangan yang kita perlukan. Sehingga kalau kita dapat informasi dari luar bahwa ada barang dibawa oleh siapa, kita bisa tahu siapa yang membawa dan kapan datang dan lain-lain. Ini kami perlu sekali kerjasama dengan penerbangan khususnya Citilink," katanya. 

Direktur Utama PT. Citilink Indonesia, Juliandra pada kesempatan yang sama menyampaikan, MoU ini merupakan komitmen pihaknya dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkotika. Pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkotika itu diwujudkan melalui edukasi kepada para awak kabin dan penumpang. 

"Karena kita bekerja didalam koridor safety, seluruh petugas dan karyawan Citilink juga harus kita jamin bebas dari penggunaan narkotika, sehingga kita sering melakukan random check untuk test urine," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00