• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

PM Mahathir: Ada 78 WN Malaysia di Wuhan, Semua Sehat

29 January
22:09 2020
1 Votes (4)

KBRN, Malaysia: Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad mengatakan ada lebih dari 50 warga negaranya yang saat ini berada di Wuhan, Tiongkok. Namun, berdasarkan informasi Kementerian Luar Negeri Malaysia yang diterimanya, jumlah warga negaranya yang ada di Wuhan tidak mencapai 100 orang.

Sejauh ini, kata PM Malaysia, seluruhnya dinyatakan sehat dan tak terjangkit virus Corona yang tengah menjadi wabah dahsyat di sana.

“Ada sekitar 78 orang warga Malaysia yang berada di Wuhan. Semuanya dilaporkan dalam keadaan sehat,” kata Mahathir, Rabu (29/1/2020).

Ia memastikan Kemenlu Negeri Jiran akan segera berbicara dengan Pemerintah Tiongkok agar warganya yang tidak terjangkit virus corona bisa kembali ke Malaysia.

Hal ini, ucapnya, perlu dilakukan menyusul adanya kebijakan lockdown atau penutupan sementara akses penerbangan dan transportasi ke dalam dan ke luar negeri di Tiongkok.

“Mereka (WN Malaysia di Wuhan) akan diperiksa apabila sampai ke Malaysia. Kami juga akan menyampaikan bantuan untuk Tiongkok,” ujarnya.

Adapun bantuan yang dimaksud adalah bahan pangan dan kebutuhan pokok serta alat kesehatan yang mengalami kekurangan di Wuhan.

"Kalau terpaksa mengantar kapal terbang menjemput balik rakyat kami, maka bila diperbolehkan oleh Pemerintah Tiongkok, kami juga akan bawa bantuan makanan, sarung tangan, dan masker," jelasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00