• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada 2020

Delapan Pasangan Calon Bupati di NTT Ikuti 'Fit and Proper Test' dari Partai Gerindra

29 January
21:05 2020
1 Votes (5)

KBRN, Kupang : Sebanyak delapan pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati serta satu Bakal Calon Wakil Bupatid dari Kabupaten Ngada, mengikuti Fit and Proper Test atau pengujian terhadap integritas, kompetensi, untuk dicalonkan di daerahnya masing-masing pada Pilkada Serentak 2020.

Kedelapan pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati dimaksud berasal dari Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat, Sumba Timur, Sumba Barat, Sabu Raijua, Timor Tengah Utara, Belu, Malaka, dan pasangan bakal calon wakil bupati dari Kabupaten Ngada.

Fit and Proper Test tersebut dipimpin langsung Ketua DPD Partai Gerindra NTT Ir. Esthon L. Foenay di Aula Hotel Romyta Kota Kupang, Rabu (29/01/2020).

Kepada RRI, Esthon Foenay menjelaskan, fit and proper test para Bakal Calon Bupati  dan Wakil Bupati dari Partai Gerindra NTT dibagi dalam dua sesi yakni, sesi pertama untuk daratan Pulau Flores dan Sumba, berlangsung pada 29 Januari 2020.

Sementara sesi kedua terdajwal pada Kamis 30 Januari 2020 untuk Kabupaten Sabu Raijua, TTU, Belu, dan Malaka.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPD Partai Gerindra NTT Ir. Esthon L. Foenay menegaskan, hal utama yang harus diperhatikan seorang Calon Kepala Daerah adalah, menggunakan jabatan yang dieban sebagai jabatan public, bukan jabatan Partai sehingga bekerja untuk kesejahteraan masyarakat di Daerah Pemilihannya.

Oleh karena itu, pihaknya berpesan kepada para bakal calon melalui partai gerindra, apabila ditetapkan sebagai calon oleh KPU dan terpilih pada Pilkada nantinya, harus memprioritas pelayanan kepada masyarakat berdasarkan aspek kesetaraan, keadilan, dan kesejahteraan untuk semua warga di daerahnya. Mereka adalah Pamong Praja yang harus menunjukan kepada masyarakat bahwa, pengabdian untuk daerah merupakan amanah rakyat, dan bukan bekerja untuk partai politik pengusung saja.

“Para bakal calon itu punya konsep pikir melalui visi misi dan program-program kerjanya. Program-program ini tentunya punya relevansi dan korelasi dengan Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten. Dan terkait dengan visi misi yang mereka miliki, maka semua bakal calon harus benar-benar bisa menjaga komitmen mereka sehingga pada saat mereka terpilih nanti, mereka bisa mengimplementasikannya kepada masyarakat secara baik dan adil serta merata,” tegas Ketua DPD Partai Gerindra NTT Ir. Esthon L. Foenay di Aula Hotel Romyta Kota Kupang, Rabu (29/01/2020).

Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati dari Sembilan Kabupaten di Nusa Tenggara Timur yang mendaftar dan mengikuti Fit and Proper Test dari Partai Gerindra adalah, Kabupaten Belu sebanyak empat orang yakni calon bupati Wily Lay dan Dr. Taolin Agustinus, calon wakil bupati Drs. J.C. Luan dan Dr. Aloisius Heleserens. Kabupaten Malaka ada empat orang yakni Dr. Stef Bria Seran, Dr. Simon Nahak, dan bakal calon wakil bupati adalah Wendelinus Taolin, Luise Lucky Taolin. Kabupaten TTU sebanyak lima orang yakni cakal calon bupatinya adalah Drs. Eusabio Binsasi Frangky Saunoah, dan bakal calon wakil bupatinya adalah Drs. David Juwandi, Kristo Haki dan Ferdi Meol.

Sumba Timur dua orang yakni Chirs Praing berpasangan dengan David Melu Wadu.

Sumba Barat empat orang antara lain, Drs. A.N. Dapawole dan Dr. Kebo Moto sebagai bakal calon bupati dan Yosua Ana Rata dan Letkol D.U. Dandar sebagai bakal calon wakil bupati.

Sabu Raijua lima orang terdiri dari Orien Ratu Kore, Takem Radja Pono, dan Helmun Radja Gah sebagai bakal calon bupati serta Tobias Uly dan Edu Lukas sebagai bakal calon wakil bupati.

Kabupaten Ngada dua orang Kornelis Soi dan Nikolaus Botha.

Manggarai empat orang yakni Ganggut Agustinus dan Hery Nabut sebagai bakal calon bupati serta DR. Manto Tapung dan Adtianus Suwardi sebagai bakal calon wakil bupati.

Sementara itu, untuk Kabupaten Manggarai Barat sebanyak empat orang yakni, Gusti Terens dan Maria Geong sebagai bakal calon bupati serta Fedilis Sukur sebagai bakal calon wakil bupati.

Ketua DPD Partai Gerindra NTT Ir. Esthon L. Foenay menegaskan, selesai fit and proper test, para Bakal Calon tersebut akan dikirim nama-nama ke DPP Partai Gerindra untuk ditetapkan menjadi Bakal Calon, yang selanjutnya akan mendaftar di KPU masing-masing sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00