• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Banjir Bandang Mengerikan Terjang Desa Sempol Ijen Bondowoso

29 January
19:25 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Banjir bandang mengerikan menerjang Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Rabu (29/1/2020) sekitar pukul 13.00 WIB siang.

Kejadian tersebar lewat video amatir yang terus viral berpindah-pindah di media sosial baik WhatsApp Group sampai media chatting lainnya hari ini.

Melalui video amatir tersebut, nampak jelas air mengalir deras bercampur lumpur hingga berwarna hitam pekat sekali. Mengerikan karena kecepatan air begitu luar biasa tepat di depan sebuah rumah warga.

Kepala Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo membenarkan banjir bandang tersebut terjadi sekitar pukul 13.00 WIB tadi siang.

"Ketinggian air genangan yang bercampur lumpur setinggi kurang lebih 60 cm," kata Agus Wibowo melalui laman resmi BNPB, Rabu (29/1/2020).

Banjir bandang diperkirakan datang dari Gunung Suket dan Jampit. Dan ini kerap terjadi, karena pihak BPBD setempat sampai membuatkan saluran nuntuk menampung aliran banjir dari atas dua gunung tersebut namun tetap tidak mampu menampung debit air yang semakin bertambah.

Kenapa sampai banjir bandang harus terus menerus? Dan kenapa dari atas gunung datangnya? Apakah hutan di sana masih ada ataukah sudah gundul? Itulah dia.... (Foto: Tangkap Layar Video Amatir/Dok. Ist)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00