• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Tri Susanti, Terdakwa Kasus Asrama Mahasiswa Papua Dituntut 12 Bulan Penjara

29 January
19:02 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Terdakwa kasus insiden Asrama Papua di Jalan Kalasan Surabaya, Tri Susanti dituntut  12 bulan penjara oleh jaksa penuntut umum dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim. Pembacaan tuntutan terhadap Susi ini dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) M Nizar, jaksa dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Dalam tuntutannya, jaksa menganggap terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana sebagaimana pasal 14 ayat (1) ayat (2) dan pasal 15 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana.

"Mohon pada majelis hakim agar menjatuhkan pidana selama 12 bulan penjara dikurangi masa hukuman yang telah dijalani," ungkapnya, Rabu (29/1/2020).

Dalam pertimbangan jaksa, hal yang meringankan, terdakwa tidak pernah dihukum dan merupakan tulang punggung keluarga. Sedangkan yang memberatkan tindakan terdakwa dianggap telah membuat resah masyarakat.

Dikonfirmasi mengapa Susi dituntut dengan dakwaan kedua, bukan dakwaan pertama dengan pasal yang dijeratkan adalah pasal 28 ayat (2) Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Nizar beralasan jika penuntut umum hanya dapat membuktikan dakwaan kedua saja. 

"Ya, memang menurut kami dakwaan kedua lah yang dapat dibuktikan," tegasnya.

Menanggapi tuntutan ini, Susi menyatakan akan membuat nota pembelaan alias pledooi. "Kami akan ajukan pembelaan yang mulia," terangnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00