• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Petani Diminta Antisipasi Hama di Musim Penghujan

29 January
18:37 2020
0 Votes (0)

KBRN, Palangkaraya : Musim penghujan menguntungkan petani di Kalimantan Tengah terutama di sentra produksi tanaman padi, mengingat ketersediaan air melimpah.

Saat dikonfrimasi RRI, Kepala Balai Perlindungan Tanamana Pangan Dan Holtikulutura Kalimantan tengah H Baini membenarkan, petani diuntungkan dengan musim hujan. Kendati demikian petani tetap diminta waspada terhadap serangan hama tiku yang muncul di musim penghujan, serangan tikus jika tidak diantisipasi dapat mengakibatkan petani gagal panen.

“Kita terus meningkatkan kordinasi dengan Pembina petani di masing masing kabupaten dan kota, untuk meredam serangan hama berbahaya bagi tanaman, salah satunya tikus yang muncul di musim penghujan,” kata Baini kepada RRI, Rabu (29/1/2020).

Masih kata pria kandidat doktor ini, pembasmian hama tikus tidak serta merta menggunakan cara kimia, pihaknya saat ini sedang mengembangkan pestisida yang terbuat dari bahan alami ramah lingkungan, namanya pestisida nabati, tujuannya untuk mengurangi ketergantungan petani dengan bahan kimia yang dampaknya tidak baik untuk kesehatan.

  • Tentang Penulis

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

  • Tentang Editor

    Heri Firmansyah

    Redaktur RRI-Online

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00