• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Ini Keluhan Warga Akibat Lamanya Pengeluaran Plat Kendaraan di Samsat

29 January
14:26 2020
0 Votes (0)

KBRN, Sungailiat : Akibat lamnya serta tidak adanya kejelasan dari pihak Samsat terkait durasi waktu pengeluaran plat kendaraan menjadi keluhan masyarakat Kabupaten Bangka terutama para wajib pajak.

Durasi waktu pengeluaran plat kendaraan ini tidak di ketahui secara pasti dan di nilai telah merugikan para wajib pajak, apalagi wajib pajak yang keberadaannya jauh dari Samsat, karena selain rugi waktu dengan jarak yang di tempuh, juga merugikan biaya bolak balik dalam mengecek pengeluaran plat kendaraan tersebut.

Wajib pajak asal Sungailiat Kabupaten Bangka Apo mengatakan, lamanya pengeluaran plat kendaraan ini di rasakan membuat rugi wajib pajak, karena setiap pembayaran pajak seperti perpanjangan STNK atau balik nama kendaraan, uang plat tersebut telah di minta di awal pembayarannya, namun hingga 5 tahun berikutnya plat kendaraan tersebut tidak kunjung datang, dan ketika akan balik nama atau perpanjangan STNK 5 tahun berikutnya, uang plat kendaraan kembali di minta, dan hal ini lah yang membuat rugi masyarakat wajib pajak.

“Lama keluar platnya, bahkan saya sudah kembali akan bayar jatuh tempo 5 tahun berikutnya, plat belum keluar juga, kita harapkan dapat di benahi lah hal seperti ini, terutama pelayanannya dalam memberikan informasi,” Katanya, Rabu, (29/1/2020).

Menurut Apo, ketika membayar pajak terkhusus untuk balik nama dan dan perpanjangan STNK, wajib pajak selalu di mintai nomor ponsel dari petugas yang di peruntukan untuk penyampaian informasi terkait keluarnya STNK, BPKB hingga Plat, namun wajib pajak tidak pernah untuk di hubungi.

“Ya kita pas bayar pajak untuk ganti STNK dan balik nama kendaraan, pas  bayar uang untuk BPKB dan Plat ketikan chek fisik kendaraan di minta nomor hape, katanya sih akan dihubungi, tapi belum pernah kita mendapatkan telpon atau sms dari pihak Samsat,” tegasnya.

Apo menjelaskan, sebagai wajib pajak, dirinya meminta agar pihak Samsat dapat pro aktiv dalam memberikan informasi terkait pengeluaran plat ini, sehingga masyarakat tidak lagi merasa di rugikan termasuk menyediakan panel data informasi terkait pengeluaran plat di Samsatnya.

“Ya kita harapkan pelayanannya di tingkatkan terutama dalam pemberian informasi, jadi kita tidak berulang kali bertanya kepada petugas sudah ada apa belum platnya, semoga Samsat juga menyediakan panel informasi di lobinya yang menginformasikan bulan ini pengeluaran platnya untuk pembayaran bulan berapa gitu,” pungkasnya.

Sementara itu Apo mengharapkan, pihak samsat harus terus meng up date panel data informasi terkait pengeluaran plat kendaraan serta melakukan trobosan lainnya, sehingga para wajib pajak dapat memantau perkembangan plat kendaraan yang telah di bayar tersebut, (RD).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00