• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Tingkatkan Riset dan Inovasi, UNJ Luncurkan Berbagai Program Baru

29 January
13:53 2020
0 Votes (0)

KBRN,  Jakarta : Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNJ  membuat berbagai program baru dalam rangka mempublikasikan hasil riset unggulan karya civitas academica UNJ. 

Rektor Universitas Negeri Jakarta Periode 2019-2023, Komarudin mengatakan peluncuran program ini akan sangat bermanfaat dan signifikan bagi upaya membangun reputasi UNJ terutama dari sisi riset dan teknologi. 

"Selama hampir 4 sampai 5 tahun ini,  riset di UNJ sangat mengalami perkembangan yang luar biasa bahkan itu juga mendapat  pengakuan dari pemerintah. Kita sendiri sudah masuk klaster mandiri dan kemudian tahun 2020 menduduki peringkat ke 6 dari sisi pendanaan diluar  PPNBH, ini membuktikan bahwa riset di UNJ sangat berkembang luar biasa. Termasuk di dalamnya ada inovasi - inovasi yang dilakukan para dosen," kata Komarudin, ditemui di sela peluncuran program LPPM UNJ, Gedung Dewi Sartika, UNJ, Rabu (29/01/2020).

Komarudin mencontohkan riset yang berkembang di UNJ berasal dari aspek studi Dik maupun Non-Dik. 

"Yang Non-Dik misalnya yang sudah kita lihat penemuan hemat energi, pengolahan sampah, kemudian robotik, adapula baju untuk olahraga dan anti peluru serta banyak hal lain," tutur Komarudin.

Adapun kegiatan launching program LPPM UNJ  terdiri dari :

1. Pengembangan Program LPPM TV dan LPPM Mobile. Program LPPM TV yang mempublikasikan berbagai hasil penelitian dan HKI dari para peneliti/dosen dari UNJ. Sedangkan LPPM Mobile merupakan program yang dibuat oleh LPPM dan digunakan di smartphone android untuk mengakses hasil penelitian dari para peneliti UNJ.  

2. Publikasi dan Sitasi UNJ Award  merupakan kegiatan untuk memberi apresiasi dan meningkatkan motivasi dosen UNJ dalam menghasilkan publikasi ilmiah. Program ini sekaligus merupakan kampanye Universitas untuk mengembangkan budaya dan menulis artikel hasil penelitian. Sehingga, jumlah publikasi akan terus bertambah serta kualitasnya akan meningkat. 

3. Gebyar Riset Inovasi adalah kegiatan menampilkan hasil penelitian dosen dan mahasiswa berupa produk-produk inovatif dan produk inkubator bisnis yang dikembangkan oleh UNJ. 

4. Café Riset UNJ merupakan rintisan program untuk mensosialisasikan kegiatan penelitian, publikasi ilmiah, HKI, Riset dan Inovasi, dan Inkubator. Di tempat ini para civitas academica UNJ dapat saling berdiskusi untuk membahas berbagai  rancangan dan hasil penelitian. Café Riset UNJ juga merupakan tempat yang terbuka untuk masyarakat luas. Sehingga masyarakat dapat lebih mengenal produk produk hasil penelitian dari UNJ. (RH) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00