• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Soal Harun Masiku, PDIP : Kami Dukung Sepenuhnya KPK!

29 January
10:24 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Lebih dari tiga pekan ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak 9 Januari 2020 lalu, Harun Masiku belum juga ditangkap. Harun sendiri sudah di tetapkan karena kasus suap terkait ketua KPU Wahyu Setiawan.

Menurut Koordinator Hukum PDIP I Wayan Sudirta mengatakan bahwa oknum KPK yang datang ke PDIP itu melanggar aturan karena tidak membawa surat izin tetapi ingin menggeledah.

"Bedakan dulu mana penyelidikan dan mana penyidikan, kasus yang sedang ditangani berstatus penyelidikan karna pada saat petugas KPK datang itu jam 06.45 WIB dan pergi jam 07.15 WIB sehingga status tersangka masih penyelidikan bukan penyidikan," jelas Wayan kepada Pro3 RRI, Rabu (29/1/2020).

Wayan juga berpendapat jika memang statusnya belum tersangka, berarti belum ada tindakan penyegelan, penyitaan, penggeledahan maupun upaya pemaksaan. Untuk penyitaan kontainer itu sendiri dianggap tidak benar karena pengeledahan belum dilakukan.

"Meskipun PDIP merupakan partai yang sudah biasa digoyang dengan isu, itu bukan hal yang mudah tetapi untuk cobaan seperti ini sudah biasa dilalui namun tidak menjadikan PDIP sendiri goyah," imbuhnya.

Sementara Wayan juga mengatakan bahwa seharusnya dari segi hukum dan kepentingan PDIP sendiri, Harun Masiku menyerahkan diri. Hal itu di lontarkan agar Harun dapat menggunakan posisinya untuk membela diri dan menggunakan hak jawabnya atas tuduhan itu. 

Sekaligus juga untuk membuktikan sejak tanggal 6 Januari 2020 lalu KPU menetetapkan dirinya bukan sebagai anggota DPR, PDIP sudah tidak mempunyai hubungan Harun.

"Jadi untuk hal ini biar jadi urusan masing-masing jangan selalu mengkaitkan urusan tersebut dengan PDIP secara terus menerus," tegasnya.

Selain itu ia menegaskan bahwa media sendiri sudah terbawa arus sehingga berimbas ke PDIP.

"Saya tegaskan PDIP tidak ada hubungannya dengan Harun Masiku lagi," tegasnya. 

Untuk saat ini pihaknya terus menyerahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum bahwa PDIP mendukung sepenuhnya KPK. (Foto: istimewa)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00