• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Polisi Kesulitan Tangkap Pelaku Bakar Lahan di Kota Jayapura

29 January
10:27 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jayapura : Kepolisian Resort Jayapura Kota kesulitan menangkap oknum masyarakat yang secara sengaja membakar lahan di kawasan perbukitan di Kota Jayapura.

Kapolresta Jayapura, AKBP. Gustav Urbinas mengakui kesulitan itu lantaran para pelaku langsung melarikan diri setelah melakukan pembakaran lahan.

“Dari penyelidikan yang kita laksanakan, para pelaku ini tak ada di sekitar lokasi setelah melakukan pembakaran lahan. Jadi saat polisi tiba di TKP itu, rata-rata sudah kosong,” ujarnya, Rabu (29/1/2020).

Gustav menyatakan, pihaknya menaruh perhatian serius terhadap aksi pembakaran di wilayah hukumnya. Ia pun memastikan akan memproses setiap masyarakat yang melakukan aksi tersebut.

“Setiap temuan pembakaran lahan baik itu karena faktor cuaca atau karean sengaja dilakukan oknum masyarakat langsung direspon. Kami bersinergi dengan masyarakat dan pihak lainnya untuk melakukan pemadaman,” tambahnya.

Ia pun menuturkan, para pelaku pembakaran lahan bisa dijerat Undang-Undang tindak pidana khusus terkait kehutanan  dan konservasi sumberdaya alam. Rata-rata ancaman pidana hukuman minimal 5 tahun kurungan penjara.

“Kami mengimbau masyarakat untuk menjaga lingkungan dan kelestarian hutan kita. Warga di daerah pesisir juga kami himbau tak asal menebang pohon, karena dikhawatirkan menyebabkan abrasi,” tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00