• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Efek Corona, Ratusan Pelancong ke Cina Ditunda, Travel Agent Merugi

29 January
09:02 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Ratusan wisatawan dari Kota Solo membatalkan rencana kunjungan wisata ke Hainan, Cina. Hal ini akibat mewabahnya virus corona yang melanda di Wuhan Cina.

Selama ini rombongan wisatawan dari Kota Solo mencarter pesawat setiap pekan 3 kali yakni Senin, Selasa dan Sabtu dengan keberangkatan melewati Bandara Surabaya dan Jakarta.

"Mereka berangkat melalui travel agent TX Slamet Riyadi yang menjual paket wisata ke Negeri Tirai Bambu, Kunming, Hainan, Beijing dan Shanghai, Cina," jelas Tanik, petugas tiketing TX Travel Slamet Riyadi Solo, Rabu (29/1/2020).

Yanik mengungkapkan, pihaknya harus menghentikan penjualan paket wisata kepada wisatawan asal Solo untuk sementara waktu hingga batas waktu yang belum ditentukan. Menurutnya Pemerintah Cina memang melarang penerbangan baik dari akan ke Cina. Hal itu membuatnya harus melakukan refund kepada pelanggannya.

"Kalau tour dari TX Travel dengan tujuan Cina sampai Maret di batalkan keberangkatannya. Mulai pekan terakhir untuk sementara waktu hingga batas waktu yang belum ditentukan hingga dinyatakan aman dari wabah virus. Lebih baik di batalkan dari pada beresiko," imbuhnya.

Dikatakan Yanik, wisatawan Solo yang batal melakukan Tour ke negeri Cina sampai Maret ratusan orang. Kondisi ini mengakibatkan kerugian pihak TX Travel hingga ratusan juta rupiah. Adapun Tour tersebut selama 6 hari 5 malam  dengan biaya promo sebesar Rp 5 juta. "Kalau untuk Tour menuju Beijing bukan tiket Promo seharga Rp 7 – 8 juta,"  pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00