• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Gempa Bumi Magnitudo 7,7 Guncang Jamaika dan Kuba

29 January
07:57 2020
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Gempa bumi mengguncang sebagian Jamaika dan Kuba, pada Selasa sore pukul 14.00 waktu setempat. Dikutip accuweather.com, episentrum gempa bumi adalah 78 mil (125 km) barat laut Lucea, Jamaika, dan dangkal dengan kedalaman hanya 10,2 mil (10 km).

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan gempa bumi yang terjadi di wilayah itu berkekuatan magnitudo 7,3, namun kemudian ditingkatkan menjadi magnitudo 7,7. 

Tak lama setelah gempa bumi yang dahsyat itu menguncang Karibia, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) memperingatkan potensi gelombang tsunami berbahaya setinggi 1 meter (3 kaki) di sepanjang beberapa pantai di Belize, Kuba, Honduras, Meksiko, Jamaika, dan Pulau Cayman.  

Sekitar 30 menit setelah goncangan berhenti, gelombang tsunami 0,11 meter (0,4 kaki) secara resmi diamati di George Town, Kepulauan Cayman. Tidak ada gelombang tsunami yang diamati di Jamaika atau Republik Dominika, dengan bahaya tsunami lewat pada pukul 4 malam. waktu setempat Selasa.

Dampak gempa tersebut, Bandara Internasional Miami telah dievakuasi setelah goncangan. Namun, bandara membantah klaim ini, menyatakan bahwa tidak ada evakuasi dan bahwa operasi tetap normal.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,7  adalah yang terkuat yang melanda kawasan itu sejak gempa berkekuatan 8,1 melanda dekat Republik Dominika pada 4 Agustus 1946.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat gempa ini merupakan gempa terkuat di dunia sejak gempa berkekuatan 8,0 melanda dekat Peru pada 26 Mei 2019. 

Survei Geologi AS juga melaporkan gempa susulan 6,5 di dekat Kepulauan Cayman tak lama setelah gempa.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00