• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Perbanyak Desa Wisata, Jatim 'Intip' Desa Wisata Penglipuran

29 January
05:37 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Pemerintah Provinsi Jawa Timur serius untuk menciptakan Dewi Cemara (Desa Wisata Masyaratnya Cerdas Mandiri Sejahtera), di 38 Kabupaten Kota. Salah satunya dengan melirik Desa Wisata Penglipuran, Bali.

Dimana Desa Penglipuran, menjadi salah satu Desa terbersih di Dunia. Kemudian masih menjaga tradisi.

Plt Kepala Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Aries Agung Paewai mengatakan, Jatim sedianya memiliki potensi yang besar untuk menciptakan Desa Wisata, sebagaimana yang ada di Provinsi Bali.

"Karena di Jawa Timur potensinya sangat luar biasa di 38 Kabupaten Kota kita memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan," jelasnya, Rabu (29/1/2020).

Melalui kunjungan ke Desa Penglipuran, diharapkan Pemerintah Daerah (Pemda) dari 38 Kabupaten Kota di Jatim, dapat mengadopsi apa yang telah dilakukan Pemda Bali untuk menarik wisatawan ke desa.

"Saya berharap, bahwa nanti ke depan dengan adanya informasi dari teman-teman (media), Kabupaten Kota akan tertarik untuk melakukan inovasi-inovasi yang lebih daripada desa yang ada di Bali," tambahnya.

Desa di Jatim, lanjut Aries, memiliki semua yang dibutuhkan, seperti potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, bahkan dana yang menurutnya tidak sedikit. Sehingga, diharapkannya, seluruh potensi itu dapat mempercepat munculnya Dewi Cemara.

"Saya pikir potensi kita sangat luar biasa, karena kita punya potensi alam, kita punya potensi sumberdaya, kita punya potensi dana yang luar biasa, yang bisa di garap oleh teman-teman yang ada di desa-desa," terangnya.

Pemprov Jatim berharap, dengan melihat berbagai desa wisata yang ada dari daerah lain, dapat diterapkan di Jatim. Namun tetap disesuaikan dengan potensi yang dimiliki di masing masing desa di 38 Kabupaten Kota.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00