• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

ICW : Saatnya Ronny Sompie Bernyanyi Terkait Informasi DPO KPK Harun Masiku

28 January
19:58 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly secara mengejutkan melakukan pencopotan Dirjen Imigrasi, Ronny Sompie, Selasa (28/1/2020) sore tadi. Hal tersebut mendapat perhatian dari peneliti anti-korupsi dari Indonesia Watch Corruption (ICW), Donal Fariz.

Menurut Donal, yang menarik adalah alasan Yasonna dalam memberhentikan Ronny.

"Agar tidak terjadi konflik kepentingan. Kan, begitu kira kira. Nah, bagi saya itu lucu alasannya," kata Donal saat dihubungi RRI.co.id, Selasa (28/1/2020) malam.

"Yang punya kepentingan itu menteri (Yasonna, red), tapi yang dicopot Dirjen. Di situ menurut saya menjadi sesuatu, menjadi agak agak menggelitik alasannya," lanjut dia.

Namun, Donal juga tak menganggap semua itu berakhir dalam pengusutan keberadaan tersangka kasus dugaan suap Harun Masiku yang sudah ditetapkan KPK masuk daftar pencarian orang (DPO) sejak pekan lalu.

Baca juga : Kasus Harun Masiku Alasan Yasonna Laoly Copot Ronny Sompie

Harun Masiku adalah politisi PDIP yang diduga melakukan dugaan suap kepada mantan komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan. Suap itu demi mendapat kursi DPR RI melalui pergantian antar waktu (PAW) almarhum Nazaruddin Kiemas.

Sedangkan Yasonna, telah memberikan keterangan dan diduga palsu terkait keberadaan Harun. Yasonna menyatakan Harun tidak berada di Indonesia, sejak (6/1/2020), dan itu dikatakannya pada saat menggelar konferensi pers di DPP PDIP Jakarta, pada, Rabu (15/1/2020).

Sedangkan keterangan salah satu media massa Indonesia, mendapatkam rekaman kegiatan Harum di Bandara Internasional Soekarno Hatta, pada (7/1/2020). Pernyataan Yasonna itu juga telah mendapat perlawanan dari berbagai lembaga hukum dengan melaporkannya ke pengaduan masyarakat KPK.

"Bagi saya, kita berharap Pak Ronny bernyanyi. Apakah informasi yang keliru, yang sampai dari Kementerian Hukum dan HAM tersebut, informasinya diminta oleh orang orang tertentu? Atau memang kesalahan sistem?," ujar Donal.

Ronny sendiri dilantik oleh Yasonna, sekisar empat tahun lalu. Donal mendesak Ronny membuka informasi dan berita sebenar-benarnya.

"Karena keterkaitan kesimpang siuran yang pernah terjadi, terkait pulangnya Harun Masiku dari Singapura," tegas Donal.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00