• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

243 WNI di Provinsi Hubei Tidak Terjangkit Coronavirus

28 January
18:16 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto menyatakan sebanyak 243 Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Provinsi Hubei, China, dalam keadaan baik-baik saja sampai detik ini. Meskipun keberadaan mereka dekat dengan Kota Wuhan. 

“Saat ini pun, kondisinya sehat. Padahal mereka (para WNI) ada di sentral penularan pertama atau pusat wabah,” ujar Terawan saat menghadiri Rakor Tingkat Menteri di Gedung Kemenko PMK, Jakarta, Selasa, (28/1/2020).

Untuk mencegah hal itu, Terawan mengimbau masyarakat agar selalu menjaga imunitas tubuh mereka. Sebab, jika imunitas seseorang menurun, virus akan mudah masuk ke tubuh.

“Kalau imunitas kita terganggu, baik dari pikiran-pikiran yang stress dan sebagainya, akan turun imunitas. Kita kelelahan hebat juga turun imunitas kita. Imunitas tubuh menjadi daya tangkal utama menghadapi virus ini,” kata Terawan.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, kebutuhan logistik untuk para WNI sudah dialokasikan ke provinsi Hubei, China. Selain bahan pokok makanan dan kebutuhan sehari-hari, salah satu keperluan lain yakni pendistribusian masker yang berkualitas.

“Kita sudah kontak BNPB, dan mereka akan mengirimkan masker melalui Garuda ke Beijing. Dari Beijing kita sudah kontak layanan pengiriman yang mendapatkan izin dari otoritas Tiongkok untuk masuk ke wilayah yang dikarantina dan mereka bersedia, sehingga kiriman masker itu akan dilaksanakan,” ujar Retno. (Foto: Ant)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00