• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada 2020

Warga Miangas Tidak Minat Ambil Bagian Sebagai Panitia Pilkada 2020

28 January
10:54 2020
0 Votes (0)

KBRN, Talaud : Animo masyarakat di Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud untuk menjadi penyelenggara pemilu, khususnya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terbilang rendah. Pasalnya, sejak KPU membuka pendaftaran PPK bagi 19 Kecamatan periode 18 - 24 Januari lalu, jumlah pendaftar khususnya dari Kecamatan Miangas hanya lima orang. Sementara kuota minimal jumlah pendaftar yang diatur sebanyak 10 orang.

Diketahui, minimnya kuota juga terjadi untuk PPK Damau dengan 9 orang pendaftar.

Karena kouta belum terpenuhi, pada 25 - 27 Januari kemarin, KPU kembali memperpanjang pendaftaran bagi dua kecamatan tersebut.

"Sampai kita tutup pendaftaran jam 12 tadi malam, jumlah pendaftar untuk Kecamatan Damau bertambah dari sembilan menjadi 13 orang. Sedangkan pendaftar Miangas dari lima orang hanya ketambahan dua orang, jadi untuk Miangas hanya tujuh orang, dan ini belum memenuhi kuota," ungkap Ketua Divisi SDM dan Parmas Andry Sumolang, Selasa (28/1/2020 ).

Sehingga untuk menyiasati permasalahan pemenuhan kuota bagi Kecamatan di wilayah perbatasan antara Indonesia dengan Filipina itu, KPU kemudian mengikuti PKPU Nomor 13 Tahun 2017 perubahan dari PKPU Nomor 3 Tahun 2015 tentang Tata Kerja Teknis Pemilu sampai dengan kepada Badan Adhoc, dan Surat Edaran KPU RI Nomor 12.  Dari Surat Edaran KPU RI, KPU Provinsi Sulut selanjutnya nempertegasnya lewat Pedoman Teknis Nomor 10.

"Sesuai PKPU, Surat Edaran KPU RI dan Pedoman Teknis KPU Sulut. Kita berkoordinasi dengan lembaga pendidikan atau profesi pendidikan lainnya untuk mereka merekomendasikan enam orang tenaga pendidik ikut dalam tahapan rekrutmen PPK Miangas," jelas Sumolang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00