• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Resmi, Indonesia Keluarkan Travel Warning ke Provinsi Hubei China

28 January
10:20 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pemerintah Indonesia resmi melarang atau mengeluarkan travel warning bagi warganya untuk bepergian ke Provinsi Hubei, China.

Pelaksana Tugas Juru Bicara (Plt Jubir) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Teuku Faizasyah mengatakan, pelarangan itu dilakukan karena pemerintah tak ingin warga negara Indonesia terjangkit virus corona.

"Memang saat sekarang kita sudah menetapkan provinsi Hubei sebagai travel warning. Dengan demikian, diharapkan atau kita melarang masyarakat kita bepergian kesana," katanya dalam wawancara dengan Radio Republik Indonesia, Selasa (28/1/2020).

Perlu diketahui, sejauh ini pemerintah China telah menutup 15 kota yang ada di Provinsi Hubei. Akibatnya, 57,2 juta penduduk yang tinggal disana pun tak bisa keluar dari sana, orang yang dari wilayah luar pun tak boleh masuk. Akibat mewabahnya virus itu, Kota Wuhan merupakan kota asal dari virus mematikan itu kini dijuluki sebagai "Wilayah Zombie" atau "Zombieland".

Nah, bagi kota-kota lain yang ada di China, pemerintah hanya mengeluarkan travel advisory. Artinya, masyarakat Indonesia yang ingin ke provinsi lain di China haruslah tetap waspada.

"Travel warning untuk provinsi Hubei, selebihnya hanya advisory. Kami sarankan ke masyarakat untuk mengunduh aplikasi safe travel yang dikeluarkan Kemlu. Dengan demikian mereka juga bisa memonitor perkembangan kondisi kerawanan di suatu wilayah. Termasuk dalam perkembangan saat sekarang, kerawanan untuk bepergian ke Tiongkok," pungkasnya. (Foto : Antara/ M Irfan Ilmie)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00