• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

WHO : China Dikenakan Status High Risk Coronavirus

28 January
08:26 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia, World Health Organization (WHO) Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus dan rekan-rekannya sudah berada di Beijing dan menggelar pertemuan penting dengan pemerintah dan pakar kesehatan Republik Rakyat Tiongkok guna membahas wabah 2019-nCoV atau dikenal luas dengan virus Corona yang sudah mengkhawatirkan di sana.

Bahkan virus juga mulai meluas ke banyak negara di dunia dengan tingkat kasus terkonfirmasi yang selalu bertambah walaupun saat ini masih lambat. Meski demikian, penanganan sejak dini menjadi sebuah keharusan guna mencegah hal-hal yang tak diinginkan di masa mendatang.

Perkiraan saat ini, dari masa inkubasi virus berkisar 2-10 hari, dan perkiraan ini akan disempurnakan karena lebih banyak data tersedia. Pasien yang terinfeksi dapat menularkan virus kepada yang lain, sehingga penting untuk segera diupayakan pengendalian. Demikian seperti dilansir Novel Coronavirus (2019-nCoV), WHO Situation Report-7, Senin (27/1/2020).

BACA JUGA: WHO Bagikan Enam Cara Sederhana Melindungi Diri dari Coronavirus

Informasi epidemiologis terperinci dari lebih banyak orang yang terinfeksi diperlukan untuk menentukan periode infeksi 2019-nCoV, khususnya apakah transmisi dapat terjadi dari tanpa gejala individu atau selama masa inkubasi. Demikian dikatakan Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Saat ini, WHO terus memantau perkembangan dan siaga untuk mengadakan pertemuan kembali dengan Komite Darurat Tiongkok sesuai kebutuhan.

Berikut situasi terkini korban dan penyebaran Coronavirus berdasarkan data yang dihimpun WHO pada 27 Januari 2020:

Global

Sebanyak 2.798 kasus terkonfirmasi.

Jumlah Korban di China

1. 2.741 kasus terkonfirmasi.
2. 5.794 orang berstatus suspect Coronavirus.
3. 461 orang dalam kondisi kritis.
4. 80 orang tewas (Namun sudah ter update per 28 Januari menjadi 81 orang).

Jumlah Korban di Luar China

1. 37 kasus terkonfirmasi di berbagai negara.
2. 11 negara di dunia terkontaminasi Coronavirus.

WHO Coronavirus Assessment

China Dikenakan Status High Risk
Regional Level di China Dikenakan Status High
Global Level Dikenakan Status High

Seperti diberitakan sebelumnya, Dengan terus bertambahnya korban tewas akibat wabah Coronavirus di Tiongkok, Organisasi Kesehatan Dunia, World Health Organization (WHO) merekomendasikan setiap orang bisa mengambil tindakan pencegahan sederhana terhadap virus untuk mengurangi paparan dan penularan.

BACA JUGA: Virus Corona : Korban Tewas 81 Orang, Tiongkok Status Darurat Wabah

Penyebaran virus Corona di seluruh China dan ke setidaknya 10 negara lain termasuk AS, Korea Selatan dan Jepang, telah mendorong para ahli dan otoritas kesehatan untuk menawarkan saran tentang cara mengurangi kemungkinan tertular penyakit.

Dengan 81 korban jiwa saat ini, para ahli memperingatkan, bagaimanapun, bahwa sekitar 100.000 orang mungkin sudah terinfeksi dan ini jauh lebih dari 2.700 kasus yang dilaporkan oleh Komisi Kesehatan Nasional China untuk wilayah Tiongkok, Hong Kong, Makau dan Taiwan.

Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan agar setiap orang mengambil tindakan pencegahan sederhana untuk mengurangi penularan virus, karena hingga sekarang belum ada obat atau vaksin khusus guna menyembuhkannya.

Berikut enam saran sederhana dari WHO untuk setiap orang di dunia dalam menghindari diri dari penularan virus Corona:

1. Sering-seringlah mencuci tangan dengan alkohol atau air hangat dan sabun.

2. Gunakan masker sebagai pemutup mulut dan hidung, terlebih saat bersin atau batuk.

3. Hindari kontak dekat dengan siapa pun yang menderita demam atau batuk.

4. Cari pertolongan medis sejak dini jika terpapar demam, batuk dan kesulitan bernapas. Jangan lupa bagikan dengan jujur kepada penyedia layanan kesehatan jika memiliki riwayat perjalanan ke negara atau daerah yang sekarang sedang terpapar Corona virus.

5. Hindari kontak langsung dan tanpa perlindungan dengan hewan hidup dan permukaan yang bersentuhan dengan hewan ketika mengunjungi pasar di daerah yang sudah terdampak wabah virus Corona.

6. Hindari makan produk hewani mentah atau kurang matang dan berhati-hati saat memegang daging mentah, susu, atau organ hewani untuk menghindari kontaminasi silang dengan makanan mentah. (Foto: Chine Nouvelle/Shutterstock/TheGuardian)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00