• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Dinkes Aceh Utara Sebar Brosur Tips Mencegah Penularan Virus Corona

27 January
23:01 2020
0 Votes (0)

KBRN, Lhoksukon : Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Utara, saat ini telah mengeluarkan dan menyebarkan brosur berisi tips mencegah dan mengenali Pneumonia Novel Coronavirus (nCoV) atau Virus Corona ke seluruh pusat pelayanan kesehatan masyarakat Puskesmas, Puskesmas Pembantu, hingga Rumah Sakit Daerah (RSUD).

Hal itu sebagai bentuk proteksi terhadap penyebaran Virus Corona yang dicurigai sudah masuk ke dalam negeri Indonesia. Sehingga diperlukan langkah untuk memberitahu ke masyarakat agar mengenali dan mencegahnya.

Brosur tersebut dicetak oleh Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Aceh, Dinkes, Diskominsa Aceh serta dibagikan ke seluruh Dinkes se-Aceh.

Bahkan saat ini telah ditetapkan juga Rumah Sakit (RS) rujukan yakni RSU Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh di jalan Tgk Daud Beureueh No.108 Banda Aceh, Telp (0645) 34565, dan RSU Cut Meutia Aceh Utara di Jln. Banda Aceh - Medan KM.6 Buket Rata Lhokseumawe, Telp (0645) 46334.

"Jangan Panik jika timbul tanda dan gejala tersebut segera pakai masker dan berobat ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat", sebut Kepala Bidang (Kabid) urusan Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Aceh Utara, Zulfitri, Senin (27/01/2020).

Apa itu Pneumonia Novel Coronavirus (nCoV) ? dan bagaimana Tanda dan Gejalanya ?

Pneumonia adalah infeksi atau peradangan akut dijaringan paru yang disebabkan oleh berbagai mikro organisme seperti bakteri, virus, parasit, jamur, pajanan bahkan kimia atau kerusakan fisik paru. 

nCoV adalah virus baru dari keluarga Coronavirus yang menyebabkan pneumonia berat dan telah dikonfirmasi dapat menular antar manusia. 

Tanda dan Gejalanya demam, lemas, batuk, flu, dan sesak napas serta memiliki riwayat berkunjung ke negara terjangkit dalam 14 hari sebelumnya. 

Pada para lansia atau memiliki penyakit penyerta lain dapat memperberat kondisi.

Sedangkan Tips Mencegah nCoV dapat dilakukan dengan cuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau menggunakan cairan antiseptic (hand rub), hindari bersentuhan dengan hewan liar dan ternak, hindari kontak erat dengan orang yang memiliki gejala batuk dan flu, khususnya dengan riwayat perjalanan dari negara terjangkit.

Tutup hidung dan mulut saat batuk dan bersin dengan menggunakan tisu atau lengan dalam baju, masak daging dan telur hingga matang sempurna, menjaga kesehatan dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayur serta makan makanan bergizi, demikian sebut brosur tersebut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00