• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Mengintip Dhanagun, Vihara Tertua di Kota Bogor

27 January
17:10 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bogor : Tepat pada hari perayaan Tahun Baru Imlek 2571/2020 yang jatuh pada, Sabtu (25/1/2020) lalu, suasana Vihara Dhanagun, Bogor ramai dikunjungi oleh para pengunjung yang ingin melakukan sembayang. 

Namun, di tulisan kali ini RRI.co.id bukan ingin membahas mengenai hari perayaan Imlek 2571 di vihara tersebut. Sudah jelas, vihara ini selalu ramai setiap tahunnya saat perayaan tahun baru imlek.

Akan tetapi, pada kesempatan ini, tim RRI.co.id ingin membahas tentang berdirinya Vihara yang terletkan di Jalan Surya Kencana Nomor 1, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat tersebut. 

Diyakini, vihara itu sudah berdiri sejak 270 tahun silam. Oleh sebab itu, vihara ini menjadi vihara tertua di Kota Bogor dan masuh dalam cagar budaya. 

Menurut salah seorang relawan pemelihara Vihara Dhanagun, Ferry bukti telah berdirinya vihara Dhanagun sejak tahun 270 tahun lebih itu dibuktikan dengan adanya sebuah foto. Menurut Ferry foto itu didapat dari sesorang pada zaman penjajahan Belanda. 

"Jadi, kita di kasih tahu bahwa Vihara ini sudah berdiri sejak 270 tahun lebih yang lalu, oleh seseorang yang katanya kakeknya pada jaman Belanda dulu. Dan dia memberikan foto vihara Dhanagun pada saat itu," ungkap pria yang akrab disapa Koh Ferry kepada RRI.co.id. 

Namun sayang saat, tim RRI.co.id ingin melihat foto tersebut, ternyata foto terebut sedang di amankan oleh pihak Yayasan, demimencegah hal-hal yang tidak diiginkan. 

"Yah, lagi nggak ada mas, mungkin sedang diamankan. Karena kan banyak yang hadir ke vihara ini, jadi takut ada apa-apa. Apalagi, foto itu cuma ada satu," ungkap Ferry. 

Namun, Ferry menjelaskan dalam foto itu, tergambarkan sebuah Vihara yang berdiri di tenag-tengah sawah. "Jadi vihara Dhanagun dalam foto itu, ada di tengah-tengah sawah hanya terlihat Vihara Dhanagun dan Kebun Raya," tuntasnya. 

Namun, saat tim RRI.co.id melihat data dari sejumlah media, banyak versi terkait usia dari vihara tersebut, ada yang meneyebutkan Vihara Dhanagun dipercaya dibangun pada 1672, saat etnis Tionghoa pertama kali mulai mendiami Kota Bogor. Versi lainnya, yakni dibangun pada awal abad ke-18, saat etnis Tionghoa  eksodus dari Batavia menuju Bogor, akibat tindakan represif penjajah Belanda.

Disisi lain, vihara yang letaknya berseberangan dengan Kebun Raya Bogor ini menjadi pusat kegiatan keagamaan 3 kepercayaan sekaligus, yaitu Taoisme, Konghucu (konfusianisme), dan Buddha. Selain itu vihara yang memiliki luas 635 meter persegi ini menjadi potret keragaman dan kerukunan umat beragama di Kota Bogor.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00