• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Nagari Canduang Koto Laweh Nagari Santri di Sumatera Barat

27 January
16:26 2020
0 Votes (0)

KBRN, Agam: Nagari Canduang Koto Laweh Kecamatan Canduang Kabupaten Agam bertekad menjadi Nagari Santri. Hal ini didasari dengan keberadaan rumah tahfidz yang bertujuan melahirkan generasi qurani dan cinta Al Quran.

Wali Nagari Canduang Koto Laweh Syahendra, Senin (27/01/2020) mengatakan di masing - masing jorong diupayakan terdapat  minimal satu rumah tahfidz. Saat ini baru ada Rumah Tahfidz Nurul Quran Yayasan Pendidikan Islam Anugrah Illahi yang menjadi bukti penguatan nagari santri.

Disebutkan, Rumah Tahfidz Nurul Hidayah dibawah pimpinan ustad Darno Effendi menampakkan progresnya dikarenakan kurun waktu 5 bulan operasionalnya sudah memiliki lebih 260 santri. Walaupun aktivitas pembelajaran masih diakomodir menumpang di ruangan salah satu MIN Agam di daerah tersebut, semangat generasi muda membaca dan menghafal ayat suci Al Quran  viral di Nagari Canduang Koto Laweh.

Diketahui, baru - baru wisuda perdana Rumah Tahfidz Nurul Quran  terdapat 70 orang santri yang terdiri atas berapa kategori yakni hafidz 10 juzz, 6 juzz, 3 juzz, 2 juzz dan 1 juzz. Syahendra optimis dukungan stake holder tampak jelas di lapangan terbukti ketika pawai ta'aruf ribuan massa padati jalan kampung dan lokasi prosesi wisuda.

"Iya pak ikhsan, kita ingin Nagari Canduang Koto Laweh ini dikenal sebagai Nagari Santri. Makanya ketika wisuda kemaren masyarakat antusias dan bersemangat. Jika di setiap jorong  punya rumah tahfidz maka anak - anak tidak jauh belajar ditambah orang tua pun tidak jauh mengantarkan anaknya belajar".ujarnya

Lebih jauh dikatakan,  komitment ini bukan hanya ucapan dan keinginan semata melainkan program bersama untuk mempersiapkan lahirnya generasi ulama masa depan.  Globalisasi memang tak dapat kita bendung perkembangannya, tetapi langkah bijak untuk mengantisipasi dampak negatif dari perkembangan zaman terhadap kaula muda di era milenial. Pemerintah nagari pun siap untuk persiapkan reward umrah gratis bagi santri rumah tahfidz yang sudah kuasai 30 juzz Al Quran.

"Benar, kita siapkan umrah untuk santri yang hafidz  30 juzz, sebagai motivasi bagi mereka agar giat belajar".imbuhnya

Darno Effendi Pimpinan Yayasan Pendidikan Islam Rumah Tahfidz Nurul Quran  Nagari Canduang Koto Laweh menyebutkan  dukungan dan perhatian lintas sektoral luar biasa untuk kelangsungan program tahfidz ini.  Pihaknya setuju dengan pencanangan nagari santri  itu, apalagi  ditambah dengan perwujudan sebagai Kampung Arab. Dimana di lembaga pendidikan yang diasuhnya ini santri diajarkan bahasa arab, potensi tenaga pendidik berkompeten lulusan perguruan tinggi islam luar negeri juga dimiliki Nagari Canduang Koto Laweh.

"Kita yakin tekad pemerintah nagari menjadikan nagari santri, bahkan kita persiapkan menjadi kampung arab dengan generasi muda sedini mungkin fasih berbahas arab".ungkapnya

Dalam sejarahnya  Nagari Canduang Koto Laweh Kecamatan Canduang Kabupaten Agam ini banyak melahirkan tokoh dan ulama besar tanah air yang diakui dunia. Mesjid Raya Bingkudu  di Jorong Bingkudu menjadi salah satu fakta sejarah tersebut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00