• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Lupakan Coronavirus, Antusiasme Pacuan Tradisional Peserta Utusan Melebihi Jumlah Kuda

27 January
15:30 2020
0 Votes (0)

KBRN, Redelong : Pembukaan Gayo Alas Mountain International Festival (GAMIFest) 2020 dimeriahkan Pacuan Kuda Tradisional Gayo yang berlangsung di Lapangan Sengeda, Kabupaten Bener Meriah.

Kadis Pariwisata Bener Meriah Riswandika Putra mengatakan, antusias para pemilik kuda mengikuti event tradisional tersebut cukup tinggi, terbukti jumlah peserta utusan dari setiap Kabupaten melebihi jumlah kuda yang diundang.

Ia menyebutkan, jumlah peserta didominasi oleh kuda yang berasal dari Kabupaten Aceh Tengah sebanyak 127 ekor menyusul Tuan Rumah Bener Meriah dengan mengikutsertakan 126 ekor kuda untuk seluruh kelas yang diperlombakan.

Kabupaten Gayo Lues menempati urutan ketiga dengan jumlah kuda yang akan berlaga sebanyak 65 ekor, Aceh Tenggara sembilan ekor serta Aceh Besar membawa dua ekor kuda.

“Walaupun penyelenggaraan event ini di awal tahun, tapi kami melihat antusiasme para peserta sangat luar biasa, ini terbukti dari jumlah kuda yang ikut melebihi dari jumlah kuda yang kami cantumkan dalam undangan,” jelas Riswandika, Senin (27/1/2020).

Sementara itu Ketua Pordasi Bener Meriah Zaidan berharap, perlombaan dapat berjalan lancar dan peserta dapat menjunjung tinggi sportifitas.

Terkait akan dijadikannya Kabupaten kopi itu sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, pihaknya mengaku siap jika olahraga tradisional itu dijadikan event nasional ke depannya.

“Tradisional pasti akan tetap kita jalankan, untuk event nasional juga akan siap kita jalankan,” pungkasnya. (Ilustrasi: Ant/Abriawan Abhe /Foto: Dok. Ist)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00