• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Kemenlu Keluarkan Travel Advisory Turis Indonesia Kunjungi Tiongkok

27 January
15:24 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri RI, secara resmi mengeluarkan "Travel Advisory" atau "Saran Perjalanan", bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan berkunjung ke Tiongkok.

Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, mengatakan, dengan adanya "Travel Advisory" berkunjung ke Tiongkok, maka turis Indonesia diharapkan meningkatkan kehati-hatian. "Kita mencatat memang saat sekarang belum ada "travel ban" untuk berkunjung ke Tiongkok, lebih kepada sifatnya peringatan saran kepada mereka yang ingin ke Tiongkok. Yaitu, untuk meningktkan kehati-hatian dan juga untuk mengihdari wilayah secara terbuka, secara jelas terpapar virus Corona tersebut," ujar Teuku Faizasyah ketika menggelar konferensi pers, Senin (27/1/2020), di ruang Palapa, Kemenlu RI, Jakarta.

Faizasyah menambahkan, hingga saat ini pemerintah Indonesia belum mengeluarkan "Travel Ban" atau larangan berkunjung ke Tiongkok maupun negara-negara lainnya yang telah terpapar virus Corona. "Kita tidak memberikan"Travel Ban" namun "Travel Advisory". Dengan di era sekarang teknologi sudah dengan baik, maka mereka bisa memonitor terhadap ancaman di suatu daerah termasuk ancaman kesehatan. Mereka bisa mengakses SAFE Travel, aplikasi yang memberikan informasi terbuka," papar Teuku Faizasyah.

Menurut Faizasyah, larangan bagi turis Tiongkok juga belum diterapkan di bandara-bandara internasional, termasuk Indonesia. "Sejauh pantauan kita belum ada penerapan pe,batasan travel bagi mereka yang datang dari Tiongkok. ini membuktikan bahwa apa yang menjadi saran dari WHO itu, bahwa penyebaran virus sudah berjalan dan pemeriksaan di lokasi mereka datang (bandara) sudah diterapkan," terang Faizasyah. 

Sementara, sejak penyebaran virus Corona merebak, antisipasi terhadap masuknya virus tersebut di Indonesia dilakukan sejak pintu kedatangan di bandara dengan pemasangan "thermal scenner" yang mendeteksi suhu tubuh penumpang.

Sedangkan, berdasarkan informasi Komisi Kesehatan Nasional RRT (NHC) pada 26 Januari 2020 pukul 13:48 disebutkan sebanyak 2.762 orang pasien terinfeksi, 5.749 orang terduga terinfeksi dan 80 orang pasien meninggal dunia akibat virus Corona. (Foto:Dok.Kemenlu RI)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00