• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Dampak Virus Corona, 5 Ribu Lebih Turis Cina Batal Kunjungi Bali

27 January
15:14 2020
1 Votes (1)

KBRN, Denpasar: Virus corona hingga kini belum ditemukan di Bali. Berbagai langkah antisipasi sudah dilakukan pemerintah bersama pihak terkait untuk mencegah agar virus berbahaya itu tidak sampai  masuk ke Bali.

Meski masih zero kasus, namun imbas dari merebaknya virus tersebut berpengaruh signifikan terhadap sektor pariwisata di Pulau Dewata.

Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Bali Putu Astawa dikonfirmasi RRI Senin, (27/1/2020) mengatakan belum ada data pasti berapa persen penurunan wisatawan Cina ke Bali akibat virus Corona tersebut. Namun dari hitung-hitungan sementara tercatat 5 ribu lebih turis Cina yang membatalkan ataupun menunda kunjungannya ke Bali.

“Saya sudah minta datanya tetapi saat ini memang belum ada yang valid karena masih dilakukan pendataan. Tetapi kalau diperkirakan ada sekitar 5 ribuan turis yang tertunda keberangkatannya sekarang dari Cina ke Bali”, ujarnya.

Mantan Kadisperindag Propinsi Bali itu mengakui meski virus Corona tersebut sangat berbahaya dan meresahkan, namun ia menghimbau agar masyarakat ataupun wisatawan yang akan berkunjung ke Bali mengantisipasi berita-berita hoax yang mulai bermunculan.

“Kita dalam memanage informasi terkait virus corona ini juga harus satu pintu melalui Dinas Kesehatan secara teknisnya. Jangan sampai orang baru kena flu sedikit sudah dibilang suspect”, ucapnya.

Menyinggung soal Festival Kintamani yang mengedepankan akulturasi budaya Bali dan Cina 8 Februari mendatang, Kadis Pariwisata Propinsi Bali itu mengatakan event tersebut akan ditunda sampai fenomena ini mereda.

“Kita sementara akan menunda festival itu sampai kejadian ini mulai mereda. Ini juga sebagai wujud rasa prihatin dan empati kita dengan kejadian yang memperihatinkan ini”, imbuhnya.

  • Tentang Penulis

    Ni Putu Nirawati

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    Afrizal Aziz

    Redaktur Pro 3 RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00