• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Masyarakat Indonesia Tak Perlu Panik dengan Virus Corona

27 January
10:26 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Belakangan ini dunia sedang dihebohkan dengan salah satu penyakit yang membahayakan yakni Corona. Wabah virus Corona sendiri merupakan virus yang menyerang saluran pernapasan. Sehingga gejala yang ditimbulkan sama seperti penyakit flu dan batuk biasa.  

Menurut Dokter Spesialis Paru RS Polri Jakarta, Dokter Yahya mengatakan sebenarnya masyarakat tidak perlu panik mengenai virus ini. Karena virus ini hanya menyerang seseorang yang memang saat ini sedang mengidap penyakit tersebut. 

"Jika flu di tanah air dan tidak memiliki riwayat pernah ke China atau pernah saling kontak dengan pasien yang terkena virus tersebut saya rasa tidak ada masalah," jelas Dokter Yahya kepada Pro3 RRI, Senin (27/1/2020).

Yahya juga menjelaskan virus tersebut memang tingkat kematiannya tinggi dan menularnya sangat cepat.

"Namun yang mematikan salah satunya gagal bernapas karena terisinya peradangan dilapangan paru yang mengakibatkan pasien tidak bisa menangkap oksigen sehingga bisa menyebabkan kematian," jelasnya.

Namun berbeda dengan virus biasanya dikarenakan potensial untuk menyebabkan kematiannya rendah. Flu Babi dan flu Unta juga sebenarnya merupakan virus sejenis Corona yang sangat infeksius seperti saat ini.

"Jika seseorang sudah menderita virus harus dimasukkan kedalam ruang isolasi khusus sehingga tidak mudah menular, pasien harus diterapi untuk antivirusnya, dan diberikan banyak vitamin dan obat-obatan yang dibutuhkan untuk mencegah virus tersebut masuk kedalam tubuh seseorang," tutupnya. (Foto: istimewa)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00