• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Begal Marak di Bali, Ini Kata Pecinta Motor

27 January
10:16 2020
0 Votes (0)

KBRN, Denpasar : Polresta Denpasar beberapa hari lalu telah meringkus 14 remaja yang terlibat dalam aksi begal di lima tempat berbeda di Denpasar. Parahnya remaja yang menamakan dirinya Geng Dongki itu merupakan pelajar dibawah umur.

Maraknya aksi begal itu juga memicu kekhawatiran dari komunitas pecinta otomotif di Bali. Keresahan dan ketakutan masyarakat terhadap aksi begal cenderung menuduh komunitas motor sebagai biang kerok.

Pengurus IMI Bali Wakil Biro Grasstrack dan Motocross, Ketut Budi Utama dihubungi RRI Senin, (27/1/2020) mengaku miris dengan segala tuduhan masyarakat. Menurutnya kejahatan remaja di bawah umur yang melakukan aksi begal tidak ada sangkut pautnya dengan komunitas pecinta motor yang memiliki wadah atau organisasi resmi.

“Kalau saya sangat miris. Itu sebenarnya oknum yang melakukan. Kita mungkin perlu duduk bersa-sama menyikapi itu, terutama antar pecinta otomotif untuk nantinya melakukan kegiatan yang lebih intens di masing-masing komunitas," ujarnya.

Pria yang aktif dalam komunitas motor Adrenali Tracker Bali itu mengatakan selama ini dirinya bersama para penggemar motor sering menggelar event yang justru dari hasil event itu disumbangkan untuk Desa Adat guna membantu kegiatan upacara keagamaan di pura atau mendukung kegiatan adat di desa.

“Banyak kegiatan kita untuk misi sosial. Kita memberikan dana punia untuk pembangunan pura, dan kalau kita mengadakan event hasilnya itu kita serahkan ke desa adat," tuturnya.

Budi Utama menambahkan untuk komunitas pecinta motor di Bali di bawah naungan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bali tercatat sekitar 60 komunitas dengan jumlah anggota mencapai 700 hingga 1000 orang tersebar di seluruh Bali. Dari jumlah tersebut ia memastikan semua anggota sudah cukup sibuk dengan berbagai kegiatan sepanjang tahun, sehingga tidak ada waktu untuk nongkrong-nongkrong di malam hari apalagi sampai melakukan aksi begal yang meresahkan masyarakat.

  • Tentang Penulis

    Ni Putu Nirawati

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    Mosita Dwi Septiasputri

    Mositadwis@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00