• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Antisipasi Virus Corona, Dinkes Bangkalan Sosialisasi ke Masyarakat 

27 January
09:46 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bangkalan : Meski di Indonesia pada umumnya sampai saat ini belum ada yang dinyatakan positif terjangkit virus corona, Dinas Kesehatan (Dinkes)  Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur saat ini sudah melakukan langkah antisipasi dengan memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan Sudiyo mengatakan, ada pasien yang suspect di Bandung dan Papua, namun hasil pemeriksaan dinyatakan negatif, meski demikian pihaknya tetap melakukan langkah antisipasi karena virus tersebut sudah mendunia.

"Di rapat-rapat terbatas kami selalu sampaikan informasi terkait virus corona ini dan kami hanya masih menunggu karena tidak menutup kemungkinan virus itu bisa juga sampai di Indonesia, saat ini kami hanya melakukan antisipasi seperti pemberitahuan dan sosialisasi saja," ungkapnya pada Senin (27/1/2020).

Sudiyo menjelaskan, pihaknya saat ini mengaku belum bisa melakukan langkah apapun kecuali langkah antisipasi pemberitahuan dan sosialisasi, jika ada masyarakat yang muncul gejala seperti batuk, pilek dan panas untuk bisa segera melakukan pemeriksaan ke Puskesmas terdekat.

"Virus corona ini menular langsung yang bertatatapan atau besentuhan melalui udara, namun perlu di ketahui virus ini ada masa inkubasinya selama 14 hari, baru muncul gejala seperti, pilek, batuk, cuma untuk memastikan positif corona atau tidak butuh pemeriksaan laboratorium," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00