• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Menhub Sebut Pemerintah Belum Bisa Pulangkan WNI di Wuhan

27 January
09:09 2020

KBRN, Jakarta : Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI), Budi Karya Sumadi menegaskan, pemerintah belum bisa memulangkan 93 warga negara Indonesia (WNI) yang masih tertahan di Kota Wuhan, China.

Hal itu kata dia karena adanya kebijakan pemerintah China yang menutup semua akses penerbangan ke kota tersebut, begitu juga sebaliknya, pemerintah Indonesia pun menutup akses pesawat menuju Wuhan.

Baca juga : WNI di Wuhan : Pemerintah, Pulangkan Kami ke Indonesia

"Jadi saat ini tidak memungkinkan kita melakukan penjemputan ke Wuhan. Karena memang ditutup, dan kita melarang penerbangan kesana," katanya dalam wawancara dengan Radio Republik Indonesia, Senin (27/1/2020).

Nah, bagi mahasiswa asal Indonesia yang ingin keluar dari Kota Wuhan, diimbaunya untuk bergeser ke kota lain. Utamanya ke kota di China yang jalur penerbangan ke Indonesia tidak ditutup.

"Jadi kemungkinan yang lain yang bisa dilakukan adalah teman-teman mahasiswa disana ke kota terdekat yang ada koneksinya dengan Indonesia," pungkasnya.

Sebelumnya, mewakili 92 mahasiswa asal Indonesia lain yang ada di Wuhan, Muhammad Fadil meminta pemerintah Indonesia untuk segera mengevakuasi mereka.

Baca juga : Virus Corona Menyebar, Ini Serunya Cerita Mahasiswa Indonesia di Wuhan

Perlu diketahui, Kota Wuhan menjadi sorotan dunia karena dinilai menjadi daerah sumber penyebaran Virus Corona jenis baru. Untuk mencegah penyebaran virus mematikan itu, pemerintah China pun menutup kota tersebut. Akibatnya, sebanyak 93 WNI yang ada di Wuhan pun tak bisa keluar dari sana. Begitu juga sebaliknya, perwakilan pemerintah Indonesia juga tak bisa masuk.

Semua warga yang tinggal di Wuhan tidak diperkenankan keluar rumah. Mereka hanya boleh keluar rumah hanya untuk membeli bahan makanan. Itupun harus menggunakan masker. (Foto : Antara/ Muhammad Iqbal)

00:00:00 / 00:00:00