• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

WNI di Wuhan : Pemerintah, Pulangkan Kami ke Indonesia

27 January
08:48 2020
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Salah satu mahasiswa asal Indonesia yang masih tertahan di Kota Wuhan, China, Fadil mengaku sangat ingin pulang ke Indonesia. Dia pun meminta pemerintah turun tangan.

Mahasiswa asal Provinsi Aceh ini menjelaskan, pihaknya bersama 92 WNI yang ada di Wuhan telah mengumpulkan data-data diri. Data itu akan diserahkan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) China yang ada di Beijing.

Baca juga : Demi Keselamatan, 12 Mahasiswa Unesa Surabaya Masih Terisolasi di Wuhan

"Kita sudah mendapatkan pendataan, data mahasiswa, jadi kita sudah mengumpulkan data dan dokumen penting lainnya," katanya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Senin (27/1/2020). 

Harapannya, dengan data itu, pemerintah Indonesia dapat memulangkan mereka ke tanah air.

"Kalau saya pribadi dan beberapa teman yang lain sangat ingin di evakuasi. Karena juga kondisi Kota Wuhan kan sudah begini parahnya," ujarnya.

Baca juga : Ternyata Virus Corona Ada Tujuh Jenis, Semuanya Mematikan

Perlu diketahui, Kota Wuhan menjadi sorotan dunia karena dinilai menjadi daerah sumber penyebaran Virus Corona jenis baru. Untuk mencegah penyebaran virus mematikan itu, pemerintah China pun menutup kota tersebut. Akibatnya, sebanyak 93 WNI yang ada di Wuhan pun tak bisa keluar dari sana. Begitu juga sebaliknya, perwakilan pemerintah Indonesia juga tak bisa masuk.

Semua warga yang tinggal di Wuhan diimbau agar tidak keluar jika tidak ada urusan yang bersifat urgent. Namun, bukan berarti tidak diizinkan keluar sama sekali. Jika ingin keluar, warga diingatkan agar selalu memakai masker.

"Sudah jelas ada virus, ya kita buat apa lagi disini. Kita ingin pulang ke Indonesia lah," pungkasnya. (Foto : Antara/ Fikri Yusuf/ Ilustrasi)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00