• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Reak Fest dan Gelik Tarompet Ajang Perkuat Seni Budaya Sunda

26 January
16:50 2020
1 Votes (5)

KBRN, Bandung : Dewan Pembina Komunitas Seni Budaya Sunda Sukma Sajati, Maruarar Sirait atau yang akrab di sapa Bang Ara saksikan pagelaran Seni Budaya Sunda Reak Fest dan Gelik Tarompet di halaman Graha Persada Cileunyi Wetan Kabupaten Bandung Jawa Barat (Jabar), Minggu (26/1/2020).

"Saya berharap melalui pegelaran seni budaya tradisional ini, kecintaan masyarakat terhadap berbagai seni dan kebudayaan di Jabar semakin kuat dan meningkat," ujar Ara.

Apalagi, sambung Ara, kreatifitas kesenian Sunda tak kalah menarik dengan kesenian lain.

"Kesenian Sunda merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang harus di pertahankan dan dilestarikan," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Reak Fest dan Gelik Tarompet, Joko Loyor mengatakan, acara tersebut dilaksanakan dalam rangka mengembangkan dan melestarikan tradisi budaya Sunda yang salahsatunya seni meniup tarompet.

"Mengingat seni meniup tarompet selama ini kerap dibawakan oleh Pinisepuh atau oleh seniman yang cukup lanjut usia, maka kami berharap seni ini juga diminati oleh kalangan anak-anak milenial. Sehingga tradisi Sunda ini terus lestari dan bahkan terus berkembang," terangnya.

Dikatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 21 grup juga seniman peniup tarompet yang ada di Sumedang dan Bandung, tiap grup terdiri dari 30 hingga 40 personel.

Lebih dari itu, Joko mengapresiasi positif pada Ara, pasalnya meskipun tak lagi menjadi anggota DPR RI, perhatian Maruarar terhadap seni budaya sunda tak sedikitpun berubah.

"Bang Ara selalu konsisten dan komitmen kepeduliannya terhadap budaya sunda. Beliau sama sekali tak melupakan warga di Dapilnya hingga kini, dirinya pun turutserta mendukung agar Sumedang menjadi Puser (pusat, red) Budaya Sunda. Saya sendiri menjadi saksi, selama menjadi anggota DPR RI selama 15 tahun dari Dapil Subang, Majalengka dan Sumedang, Bang Ara selalu melibatkan kesenian Sunda dalam semua kegiatan agenda resesnya saat itu," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00