• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Basarnas Latih Vertical Rescue Pengelola Wisata Belitung Ecopark

25 January
15:36 2020
4 Votes (3.8)

KBRN, Belitung : Guna meminimalisir kecelakaan di tempat wisata. Basarnas Kepulauan Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). memberikan pelatihan mengenai penggunaan alat-alat wisata ketinggian, kepada anggota karang taruna kelurahan Pangkal Lalang, Kabupaten Belitung.


Komandan Pos Basarnas Belitung Rahmatullah Hasyim Melalui Dantim Rescue Pos Sar Belitung Fernandus mengatakan, pelatihan ini dilakukan atas permintaan Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie. Sebagai persiapan sebelum dibukanya wisata baru Belitung Ecopark di daerah itu. Agar pengelola mengetahui tata cara penggunaan alat wisata ketinggian demi menjamin keselamatan wisatawan.

"Pelatihan yang kami berikan berupa prosedur keamanan wisata ketinggian. Tentang tata cara pemasangan dan penggunaan alat-alat Vertical Rescue seperti tali, helm, harness, katrol, sarung tangan, dan lain sebagainya," jelas Fernandus, Sabtu (25/1/2020).

Fernandus mengungkapkan, rencananya wisata Belitung Ecopark ini akan dibuka minggu depan. Namun setelah dilakukan proses pemantauan oleh tim Basarnas. Sepertinya masih ada beberapa bagian yang perlu diperbaiki. Karena standar keamanannya dinilai belum sesuai dengan ketentuan pihaknya.

"Masih ada beberapa bagian yang mengandung resiko. Jadi kita sarankan agar dibenahi terlebih dahulu sebelum wisata ini dibuka. Supaya benar-benar menjamin keamanan pengunjung," terangnya.

Dia berharap, tempat wisata lain dapat mengikuti jejak pengelola Belitung Ecopark. Untuk memberikan pelatihan kepada SDM pengelola wisata tentang prosedur keamanan. Demi meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00