• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Curhat Warga Soal Monas : Jakarta Selalu Banjir, Butuh Pohon Bukan Ditebang

24 January
20:01 2020

KBRN, Jakarta : Tri Lestari (29) pekerja perkantoran Sudirman, Jakarta Pusat mengaku tak tahu adanya pembangunan Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas). Apalagi, terkait penebangan banyak pohon yang dulu menjadi pemandangan asri di bagian selatan Monas, tepat seberang Balai Kota DKI Jakarta.

"Saya enggak tahu ada penebangan pohon, tahunya sekarang sudah begini (ada pembangunan, red)," kata Tri saat ditemui rri.co.id, di Selatan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (24/1/2020).

Tri bersama dua orang temannya saat ditemui sore tadi terlihat tengah melakukan kegiatan olahraga sore. Baginya, mengunjungi Monas untuk kegiatan olahraga, pasti dilakukan jika memiliki waktu luang, sepulang kerja dari kantor.

Adanya pembangunan Plaza Selatan Monas ini, kata dia, hanya membuat Jakarta bertambah polusinya.

"Jakarta butuh banyak pohon, bukan penebangan pohon. Ruang terbuka di Monas juga sudah banyak. Tadi pagi, di Monas juga banjir kan, saya lihat di Instagram," tegas dia.

BACA JUGA: Curhat Pengunjung : Pembangunan Plaza Selatan Monas Tidak Penting!

Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan DKI Jakarta mencatat, luas pembangunan Plaza Selatan Monas adalah 83.461 meter persegi dengan nilai proyek revitalisasi Monas di atas Rp70 miliar.

Saat ini, pantauan di lapangan, puluhan buruh bangunan mulai kembali bekerja setelah sempat rehat. Ada yang berkegiatan pukul batu, semen batu, dan lainnya.

Lokasi Plaza Selatan Monas ini tetap diapit hutan mini Monas yang berada di barat dan timur posisinya. Sejumlah pengunjung Monas pun masih menikmati malam di Monas dengan bercengkrama di atas bangku-bangku taman yang ada di sini.

Sebuah calon miniatur Monas pun nampak sudah mulai dibangun dalam area Plaza Selatan Monas ini.

00:00:00 / 00:00:00