• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Nyalakan Petasan Saat Imlek Dipercaya Usir Roh Jahat

24 January
12:21 2020
1 Votes (4)

KBRN, Jakarta: Perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek esok hari, Sabtu (25/1/2020) disambut penuh suka cita oleh warga keturunan Tionghoa di Jakarta.

Pasalnya, kemeriahan Imlek serupa dengan Lebaran Idulfitri atau Natal yang dirayakan oleh umat Muslim dan Kristiani.

Gadis, salah satu warga Tionghoa yang tinggal di Pasar Rebo, Jakarta Timur mengatakan, Imlek merupakan momentum berkumpul dengan keluarga besarnya, bersilaturahmi, dan saling bermaafan.

"Seperti Lebaran atau Natal, kita saling maaf-maafan. Ini kewajiban lalu silaturahmi dengan keluarga besar,” kata Gadis kepada RRI, Jumat (24/1/2020).

Ia menambahkan, keluarga Tionghoa biasanya menghabiskan waktu dengan bersantap bersama keluarga pada malam menjelang Imlek.

“Kemudian kami sembahyang dan menyambut Imlek di klenteng. Kami berdoa supaya dapat kehidupan yang semakin lebih baik lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Wiliam warga Depok keturunan Tionghoa menjelaskan, salah satu kemeriahan Imlek biasanya juga dirayakan dengan menyalakan kembang api dan petasan.

”Suara petasan diyakini dapat mengusir roh jahat agar tak mengganggu manusia selama setahun ke depan. Kue keranjang juga wajib, simbolisasi saja sebagai bagian perayaan Imlek,” pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00