• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

2 Orang Diduga Terkena Virus Corona, KKP Batam Siaga

24 January
10:14 2020
0 Votes (0)

KBRN, Batam : Satu Orang Warga Negara Indonesia terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Awal Bross, karena Thermal Scanner mengindikasikan suhu tubuh minum 37 derajat Celcius. Hal serupa juga terjadi di kabupaten Bintan menimpa Warga Negara China. Mereka diwaspadai memiliki gejala Virus Corona yang tengah menjadi konsentrasi dunia. 

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Batam, dr. Achmad Farchanni mengatakan, WNI tersebut memiliki riwayat perjalanan dari China masuk ke Batam, sedangkan WNA China diwaspadai karena memang asal virus dari negeri tirai bambu, China. Setelah dilakukan kewaspadaan dini, maka didapati keterangan dari dokter bahwa keduanya hanya terjadi peningkatan suhu tubuh, gejala batuk dan pilek. 

"Yang di Bintan kami mendapat informasi dari KKP Tanjung Pinang, sementara 1 kasus di Batam kemarin baru masuk, karena kewaspadaan dini, kita harus meneliti terlebih dahulu dan Alhamdulillah bukan Suspect Virus Corona," ungkapnya kepada RRI Batam, Jum'at (24/1/2020). 

Achmad Farchanni melanjutkan, sejak diumumkan oleh Wealth Health Organization (WHO) bahwa ada penyebaran kasus Virus Corona yang semakin luas bahkna sampai ke Amerika, Indonesian pun siaga. Dirjen Pencegahan Pengendalian Penyakit, melalui surat edarannya mewajibkan seluruh pintu masuk bandara maupun pelabuhan Internasional untuk mengaktifkan Thermal Scanner atau alat pemindai suhu, kemudian melaksanakan Surveilans Syndrome dengan memantau satu persatu penumpang yang turun dari pesawat maupun kapal yang datang dari negara terjangkit. 

Kementerian Kesehatan telah menunjuk RSUD Embung Fatimah sebagai fasilitas kesehatan rujukan khusus kasus Virus Corona. Adapun Thermal yang diaktifkan sebanyak 9 unit di Rumah Skait, Pelabuhan Internasional di Batam Center, Pelabuhan Internasional Habourbay, Pelabuhan Sekupang, dan Bandara Internasional Hang Nadim dengan menempatkan minimal 2 orang petugas kesehatan KKP. Selain itu juga ada 2 unit Thermal Scanner mobike untuk situasi kontijensi

  • Tentang Penulis

    Sarah M Hussein

    Jurnalis Radio Republik Indonesia (RRI) | Contact Me : 08 222 888 2708

  • Tentang Editor

    Mosita Dwi Septiasputri

    Mositadwis@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00