• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Kenali tanda-tanda Terjangkit Virus Corona

23 January
12:34 2020
9 Votes (2.6)

KBRN, Surabaya : Penyakit yang mirip infeksi paru paru, dan disebabkan oleh virus Corona, telah ditemukan di Wuhan, China.

Bahkan, virus ini merambat ditemukan juga di Singapura dan Thailand.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur, Herlin Ferliana menjelaskan, penyakit ini mirip dengam pneumonia atau radang paru berat. Ciri cirinya juga mirip, hanya saja serangannya berlangsung cepat.

"Jadi sama dengan pneumonia. Panas yang tinggi, batuk, sesak, nyeri kepala, nyeri badan gitu," ungkapnya, Kamis (23/1/2020).

Akan tetapi, tambah Herlin, jika terkena virus ini, penderita langsung merasakan efeknya. Sehingga, dikatakannya, virus ini lebih ganas. Untuk itu, apabila terjadi ciri ciri yang disebutkannya, segera dilakukan pemeriksaan.

"Jadi tanda-tandanya sama dengan kaya' orang sakit paru, infeksi paru-paru, cuma ini kan ganas. Sangat bisa (kematian, red)," terangnya.

Herlin menuturkan, Indonesia waspada terhadap virus ini, karena deteksi awal mirip dengan virus Severe Acute Respiratory Infection (SARS) yang terjadi pada tahun 1990 lalu.

"Yang kumannya ini kelihatannya satu saudara dengan SARS, dulu terjadi pandemi sampai terjadi kematian yang luar biasa. Kasus itu tidak boleh terulang lagi di dunia," tegasnya.

Untuk itu, kata Herlin, belajar dari kasus merebaknya virus SARS itulah, pihaknya melakukan langkah langkah antisipasif. Agar virus ini tidak masuk ke Indonesia, Jatim pada khususnya, serta segera tertangani bila terjadi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00