• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Jelang Imlek, Lintas Agama Gotong Royong Bersihkan Klenteng Gondomanan DIY

20 January
07:23 2020
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Kegiatan bersih-bersih Klenteng dan ritual pensucian patung Dewa Dewi wujudkan dukungan kebersamaan antar umat beragama di DIY, yang melibatkan komunitas lintas agama.
Puluhan orang dari komunitas lintas agama mengikuti kegiatan bersih-bersih tempat ibadah di Klenteng Gondomanan, menjelang tahun baru Imlek tahun 2020.

Ketua Asosiasi SMA Yogyakarta Bersatu atau ASYB Sarwestu Widyawan disela-sela kegiatan bersih Klenteng mengatakan, melalui kegiatan bersih-bersih Klenteng menjelang perayaan tahun baru Imlek 2020 menunjukkan komitmen para alumni SMA di Yogyakarta untuk tetap menjaga kebersamaan dalam kebhinekaan dan melawan intoleransi.

Selain kegiatan bersih-bersih Klenteng, ASYB yang berdiri sejak tahun 2019 lalu, sebelumnya juga menggelar kegiatan perayaan Natal lintas iman di SMA BOPKRI 1 dan terbilang cukup sukses. Dari target 250 orang yang hadir teryata sekitar 350 orang lintas agama mengikuti kegiatan tersebut.

Menurut Sarwestu Widyawan, melalui keterlibatan kegiatan bersih-bersih yang mendapat respon positif dari pengurus Klenteng Gondomanan mampu menunjukkan kepada masyarakat tentang kebersamaan dalam menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia terutama di DIY.

"Dengan adanya publikasi seperti ini ke masyarakat luas, kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Betul bahwa tidak kita pungkiri beberapa waktu lalu eskalasi tentang perbedaan ini cukup menguat di masyarakat. Nah kami berkomitmen untuk menjadi pelopor atau salah satu ujung tombak bagi pemerintah untuk dapat mengedepankan mensosialisasikan, mengajak kepada masyarakat untuk terus menjaga kebersamaan ini di dalam kebinekaan," papar Sarwestu melalui keterangan, Senin (20/1/2020).

Sementara itu, Ketua Klenteng Gondomanan Ang Ping Siang atau Angling Widjaya menyebutkan, kegiatan bersih-bersih Klenteng yang melibatkan lintas agama selain meringankan juga menunjukkan adanya kebersamaan masyarakat di Yogyakarta.

Pihaknya mengharapkan, dengan menjaga persatuan dan kesatuan menjadikan Indonesia lebih kuat dan rakyat lebih makmur.

"Komunitas lintas agama ikut membantu-bantu ya tidak ada perbedaan antara keyakinan agama tidak ada perbedaan, kita kebersamaan semuanya," jelas Angling Wijaya.

Kegiatan bersih-bersih tersebut diikuti sekitar Seratus orang mulai dari membersihkan altar, mengecat patung singa di depan pintu gerbang Klenteng, juga dilakukan ritual pensucian ratusan patung Dewa Dewi menggunakan air kembang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00