• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosok

Membaca, Mendongeng, dan Mewarnai di TBM Bukdur Bercerita

20 January
09:15 2020
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Di sebuah gang di kawasan Bukit Duri Tanjakan Jakarta Gang III Nomor 8  terdapat sebuah oase, tepatnya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bukdur atau Bukitduri Bercerita. Sang pendiri, pasangan suami isteri Suradi – Safrudiningsih,  ingin masyarakat, khususnya anak-anak di sekitar rumah tinggalnya mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dari taman bacaan yang resmi dibuka November 2019.

Kegiatan di TBM Bukdur Bercerita memang sangat positif. Misalnya pada Minggu (19/1/2020), anak-anak yang berusia antara 4 – 12 tahun diberikan sejumlah buku cerita dan mereka asyik memilih serta membacanya, sedangkan yang masih belum dapat membaca, membolak-balik buku bergambar yang mereka pilih.

Usai kegiatan waktu membaca, Safrudiningsih yang akrab disapa Kak Ning Nong mulai meminta beberapa anak untuk mendongeng  atau menceritakan buku yang dibacanya. 

“Anak-anak boleh tampil dengan membaca buku ceritanya, atau menceritakan secara lisan,” katanya.

Anak-anak pun berebut ingin tampil di hadapan teman-temannya. 

“Aku Kak Ning Nong, aku kak !” seru anak-anak. 

Maka, satu per satu anak-anak tampil membawa bukunya dan berdiri membacakan. Ada yang lancar dan percaya diri, dan ada juga yang sudah berdiri, tapi masih sedikit grogi sehingga suaranya pelan. 

“Ayoo gak apa apa, baca aja. Begini intonasi kalau membaca cerita atau mendongeng,” tuntun Kak Ning Nong sambil memberi arahan dan cara mendongeng yang baik.

Masih ada satu kegiatan lagi bagi anak-anak di Bukit Duri Tanjakan yang datang ke TBM Bukdur Bercerita. 

Kak Ning Nong memberi kesempatan anak-anak bagaimana mewarnai porselin yang beragam bentuk, mulai bentuk miniatur binatang, bunga, dan lain-lain.

Sementara sang suami, Suradi sibuk membagikan porselin tersebut dan menyediakan cat akrilik. Keceriaan nampak di wajah anak-anak yang mendapatkan porselin dan cat akrilik yang siap untuk diwarnai secara bebas. Hasilnya, nanti dibawa pulang anak-anak bersangkutan. Meski dengan tangan yang kotor karena cat akrilik, tapi mereka antusias menyelesaikan pewarnaan yang mereka pilih sendiri.

Di TBM Bukdur Bercerita, anak-anak pun dibolehkan meminjam buku cerita untuk dibawa pulang, tapi diingatkan untuk dibaca di rumah dan nanti pada pertemuan berikutnya anak-anak diharuskan membacakan isi buku cerita yang dipinjam. 

“Kita kasih kebebasan untuk di bawa pulang, supaya membiasakan mereka dengan buku cerita dan nanti melatih keberanian mereka bercerita atau mendongeng,” kata Kak Ning Nong.

Kak Ning Nong menceritakan, setiap kegiatan yang sementara dilakukan satu bulan sekali pada minggu ketiga, selalu ada kegiatan keterampilan, di samping membaca buku dan mendongeng, seperti pada Desember lalu, keterampilan yang diberikan adalah membuat gantungan kunci dari bahan clay yang hasilnya juga dibawa pulang anak-anak. 

Upaya Kak Ning Nong yang juga pegiat Komunitas Dongeng Jakarta dan dosen komunikasi Akademi Televisi Indonesia (ATVI) Jakarta bersama sang suami, Suradi yang juga jurnalis Koran Jakarta ini patut dicontoh bagaimana ikut memotivasi anak-anak dan orang tua mereka untuk membiasakan membaca dan mendongeng atau bercerita, sambil memberi keterampilan ringan yang disukai anak-anak.

 “Kami merasakan manfaat sangat besar dari membiasakan anak-anak suka membaca sejak dini. Habit membaca harus ditumbuhkan sejak dini, selain itu motivasi untuk maju juga bisa diasah lewat mendongeng,” tambah Suradi.

Sebagai informasi, pasangan Safrudingsih-Suradi ini dikarunia tiga orang putera-puteri yang semuanya kini menempuh studi di luar negeri dengan beasiswa. Puteri sulungnya tengah menyelesaikan studi sarjana strata satu di Amerika Serikat, lalu puteri kedua juga sedang menuntaskan studi sarjananya di Madrid, Spanyol, dan putera ketiganya baru duduk kelas 2 SMA Internasional di Montenegro, Eropa Selatan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00