• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Politikus PDIP Deddy Sitorus Sebut Penyelesaian Jiwasraya Cukup dengan Panja Bukan Pansus

19 January
15:14 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Anggota  Komisi VI DPR dari Fraksi PDIP Deddy Sitorus mengatakan bahwa wacana pembentukan Pansus dalam kasus Jiwasraya saat ini sudah tidak ada urgensinya lagi. 

"Kalau misalnya kemarin respons dari pemerintah itu lambat atau kalau misalnya pemerintah tidak menunjukkan iktikad baik untuk menyelesaikan masalah Jiwasraya iya itu memang secara cepat tentu kita akan mendorong Pansus, tapi kalau sekarang cukup dengan Panja,” kata Deddy Sitorus di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (19/1/2020).

Deddy mengatakan Kejaksaan Agung saat ini sudah bertindak cepat dalam menangani kasus Jiwasraya. Bahkan sudah menangkap orang-orang yang terlibat dalam kasus Jiwasraya. 

"Tapi ternyata pada penutupan masa sidang itu kan pimpinan DPR sudah menyurati instansi terkait dan langsung kejaksaan bergerak pada saat itu. Mereka ekspos kasus menetapkan tersangkanya, menjelaskan kasusnya lalu bahkan sekarang sudah ditahan orang-orang yang disangkakan terlibat," imbuhnya.

Deddy menilai keputusan DPR memutuskan membentuk Panja itu sudah tepat, memang bukan Pansus yang dibutuhkan saat ini. Menurut Deddy memang belum ada kepentingan mendesak untuk membentuk Pansus dalam kasus Jiwasraya. 

"Karena itu, dalam rapat pimpinan DPR disepakati dibentuk panja, bukan pansus. Karena kita ingin agar proses hukum yang ada di kejaksaan itu benar-benar terjadi secara cepat," serunya.

"Sehingga tidak ada urgensinya lagi membentuk pansus. Itu yang sudah disepakati. Panja Komisi VI dan Komisi XI jadi nanti akan ada sinergi misalnya partner dari lembaga itu bisa langsung memanggil misalnya dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” pungkas Deddy Sitorus.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00