• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Harga Gula Naik dan Stok Surplus, Gubernur Khofifah Minta Satgas Pangan dan KPPU untuk Cek Gudang

19 January
13:50 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Sudah seminggu ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) melakukan Operasi Pasar Gula, di beberapa titik pasar. Namun, harga gula masih naik dan stok tidak ada peningkatan.

Sehingga, dalam Operasi Pasar Gula ini, Pemprov menggandeng PTPN X, Bulog, dan juga perusahaan gula, untuk bersama sama menyediakan gula dengan harga stabdart yakni antara Rp 10ribu - Rp 12ribu per kilogram.

Hari ini, Minggu (19/1/2020), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memantau langsung kegiatan Operasi Pasar Gula di Pasar Gresik.

"Karena yang menggeliat ini harga gula ada kenaikan sampai 2000-an per kilo, sebagian besar di Jawa Timur ada kekurangan stok dan ada kenaikan," ujarnya.

Guna menstabilkan harga gula di pasaran, serta membantu daya beli masyarakat, Operasi Pasar Gula, telah dilakukan hampir di seluruh pasar besar di Jatim. Karena berdasarkan laporan, kenaikan harga gula terjadi merata.

"Hampir ya sebagian besar di Jawa Timur, maka sejak Selasa yang lalu tiap hari ada operasi pasar," tambahnya.

Untuk memastikan penyebab kelangkaan gula, Khofifah meminta Satgas Pangan Polda Jatim, serta Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), untuk menelusuri stok yang ada di gudang gudang. Apakah gudang PTPN X, gudang Bulog, atau gudang pabrik gula.

"Saya minta ke Tim Satgas Pangan dan KPPU untuk bisa memastikan stok barang barang ini ada di mana saja, dan beberapa kekurangan stok ini terjadi karena apa," imbuhnya.

Jika berdasarkan angka data, Jatim seharusnya surplus sampai 10ribu ton sampai bulan Mei atau musim giling. Yakni dari stok 185 ribu ton, dibandingkan dengan jumlah kebutuhan sebanyak 175 ribu ton.

"Artinya, jika sebelumnya masih surplus 10ribu ton tapi kenapa kemudian di lapangan kita melihat stok gula itu mengalami kekurangan suplai kemudian harga akhirnya meningkat," tegasnya.

Maka, kata Khofifah, Tim Satgas Pangan dan KPPU diminta untuk melakukan ceking ke gudang Bulog, gudang PTPN dan gudang dari pabrik pabrik gula yang lain.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00