• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Wasekjen Partai Demokrat Sebut Pembentukan Panja Jiwasraya Kurang Tepat

19 January
12:51 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat Didi Irawadi tidak setuju jika penyelidikan kasus Jiwasraya cukup dibentuk Panitia Kerja (Panja). Menurutnya, Panja tidak memiliki kewenangan untuk menyelidiki seperti halnya Panitia Khusus (Pansus).

"Kalau Panja itu kan hanya sebatas komisi-komisi yang ada dan kewenangannya sangat terbatas sekali, tapi kalau Pansus, kewenangannya sangat luas dan bisa menggunakan hak penyelidikan melalui hak angket bisa hak interpelasi," kata Didi di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, (19/1/2020).

Didi mengatakan meski sudah ada penetapan tersangka oleh Kejaksaan Agung tak serta merta peluang pembentukan Pansus tertutup. Karena harus bisa dibedakan antara aspek penegakan hukum dan aspek politiknya.

"Saya yakin mayoritas kawan-kawan di DPR (Dewan Perwakikan Rakyat) nuraninya pasti sepakat dengan Pansus tapi saya enggak tahu mungkin ada kebijakan partainya itu mereka," kata Didi kepada wartawan.

Dalam kesempatan ini Didi mengaku heran mengapa kasus sebesar Jiwasraya hanya dibentuk Panja. Padahal, nilai kerugiannya terbesar dalam sejarah skandal BUMN yang pernah terjadi di Indonesia.

"Kasus yang lain lebih kecil saja Pelindo II, BBM ataupun apa namanya Century itu bisa cepat kok. kita semua memang berniat bersama-sama dengan terus menegakkan kebenaran," pungkas Didi Irawadi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00