• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pencarian Korban Terjun Dari Jembatan Sembayat Gresik Dihentikan

19 January
12:32 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Pencarian terhadap korban yang menjatuhkan diri ke sungai Bengawan Solo dari jembatan Sembayat Gresik dihentikan pada Sabtu (18/1/2020).

Ditutupnya operasi SAR ini sesuai dengan SOP untuk pencarian hingga hari ketujuh akan diberhentikan dengan syarat tidak ada tanda-tanda keberadaan korban. Pihak keluarga dari korban Muhammad Fuad Thoifi Ihsan serta perangkat desa telah setuju dengan keputusan untuk menutup operasi SAR ini.

“Sekarang memang kami menutup operasi ini, namun bila nanti ada laporan kembali tentang tanda-tanda keberadaan korban, sesuai prosedur kami bisa mulai membuka operasi SAR kembali,” jelas Novix selaku komandan tim rescuer Basarnas Surabaya dikonfirmasi, Minggu (19/1/2020).

Pada pencarian hari ketujuh ini, tim SAR gabungan telah berupaya membantuk SRU pencarian di sungai maupun di darat. Menggunakan perahu karet, tim SAR gabungan telah berupaya mencari korban dengan menyusuri sungai sejauh 15 km dari pusaran air hingga area Randu Boto. 

Dibantu dengan perahu jukung milik nelayan, SRU lain menyusuri sungai kearah muara sejauh 6.48km. Sedangkan SRU darat melakukan pemantauan di sekitar pusaran air.

“Kami juga membentuk SRU untuk melakukan pemantauan di area pusaran air karena diduga korban dalam keadaan meninggal dunia akan mengapung di pusaran sungai,” urai Novix. 

Sebelumnya korban dilaporkan kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya telah jatuh dari jembatan Sembayat dan terseret arus sungai Bengawan Solo, Gresik pada hari Minggu (12/1/2020). 

Warga yang berada dilokasi sekitar dan menyaksikan kejadian tersebut menduga bahwa korban sengaja menjatuhkan diri dari jembatan. Aliran sungai yang deras membuat warga sekitar tidak berani untuk membantu menyelamatkan korban dan memutuskan untuk melaporkan kepada pihak berwenang. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00