• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Heboh Asap Kebakaran Australia Bakal Sampai Indonesia, Ini Kata BMKG

19 January
11:56 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meluruskan munculnya pemberitaan yang menyebut bahwa asap kebakaran hutan di Australia bakal menyebar ke Indonesia dalam waktu dekat.

Bahkan, lewat isu yang beredar di dunia maya, kebakaran hutan di Negeri Kangguru berpotensi menutupi hampir separuh permukaan bumi.

Kebakaran hutan di Australia pada tahun 2019-2020 diketahui masuk kategorikejadian paling parah dalam sejarah kebakaran hutan global.

Deputi Bidang Klimatologi BMKG Herizal menyatakan bahwa potensi penyebaran asap kebakaran hutan di Australia di Indonesia termasuk kecil.

”Dinamika atmosfer Australia didominasi aliran angin kencang yang konsisten ke arah timur. Di Indonesia sendiri dinamika atmosfer didominasi oleh angin baratan atau monsun Asia,” jelas Herizal, Minggu (19/1/2020).

Lebih jauh, berdasarkan asil analisis kondisi dinamika atmosfer pada awal hingga pertengahan Januari 2020 menunjukkan pergerakan penyebaran asap dominan terjadi di belahan bumi selatan.

“Asap ini menyebar dari Australia ke arah timur karena dipengaruhi oleh polar jet stream. Polar jet stream adalah aliran angin kencang pada sekitar 60 derajat Lintang Selatan dengan kecepatan lebih dari 100 kilometer per jam, yang bergerak konsisten ke arah timur,” terangnya.

Ia menuturkan, polar jet stream ini telah membawa asap kebakaran hutan Australia menyeberangi Samudera Pasifik bagian selatan pada ketinggian atmosfer sekitar 16 kilometer.

“Serta menyebar sampai ke negara Benua Amerika bagian selatan antara lain Chili, Argentina, dan Uruguay. Diperkirakan, hingga akhir Januari 2020 polar jet stream ini masih cukup kuat, sehingga potensi penyebaran asap masih dominan ke arah timur,” jelasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00