• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosok

Jual Batu Mulia, Pedagang Ini Kuliahkan Anak ke Luar Negeri

19 January
10:37 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Bisnis batu mulia terbilang sangatlah menjanjikan. Bagaimana tidak, pedagangnya bahkan mampu menguliahkan anaknya ke luar negeri.

Pedagang batu mulia dari Pasar Rawa Bening, Haji Darto Caswan mengaku, pada mulanya, dirinya sama sekali tidak berniat untuk berbisnis batu berharga tinggi itu.

"Sebenarnya tidak terpikirkan. Karena basic saya sendiri di teknik sipil dan perencanaan, bahkan setelah lulus kuliah, saya bekerja di perusahaan kontraktor," katanya dalam wawancara dengan Radio Republik Indonesia, Minggu (19/1/2020).

Namun seiring waktu berjalan, tepatnya pada tahun 1997-1998 lalu, terjadilah krisis ekonomi. Fluktuasi kurs dolar yang begitu tinggi pun menghantam dunia usaha. Perusahaan yang mempekerjakannya pun gulung tikar.

"Waktu itu perusahaan konstruksi banyak yang berguguran," tandasnya.

Demi menyambung hidup, dirinya memutuskan untuk membuka usaha penjualan batu mulia.

"Saya pun memutuskan buka usaha (menjual batu mulia)," tandasnya.

Keputusan itu diambilnya tidak serta merta. Sebab semasa menjalani kuliah, tepatnya pada tahun 1989 lalu dirinya sempat magang di toko Permata Nusantara milik seorang warga asal India.

Usaha penjualan batu mulia itu juga digelutinya demi mengikuti jejak sang mertua. Dimana mertuanya juga merupakan pedagang permata yang suka melanglang buana keliling Indonesia. 

Diakui Haji Darto, usaha penjualan batu mulia memang menemui pasang surut. Namun diyakininya penggemar batu mulia tetaplah banyak. 

Buktinya, usaha dia terbilang sukses. Bahkan dari keuntungan penjualan batu itu, Haji Darto bahkan mampu menguliahkan anaknya hingga ke luar negeri.

"Anak saya ada empat, alhamdulilah bisa kuliahkan anak sampai ke luar negeri. Ada juga yang di fakultas kedokteran," pungkasnya.

Dalam kesempatan wawancara bertajuk Sosok Istimewa itu, Haji Darto sempat memperlihatkan beberapa koleksi batu yang dimilikinya. Diantaranya adalah baru rubi, yelow sapphire, blue sapphire, dan mata kucing. Ada juga batu berharga tinggi asli Indonesia seperti baru panca warna, bacan, levender, spirtus, obi, Sungai Dareh, dan lain sebagainya. 


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00