• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Terapkan Omnibus Law, Jatim akan Sederhanakan 13 Pergub

19 January
07:42 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Pemerintah Provinsi Jawa Timur berencana mengkristalisasi 13 Peraturan Gubernur (Pergub) menjadi satu Pergub. Istilahnya adalah Omnibus Law, yaitu penyeserhanaan sejumlah peraturan yang mirip, dalam satu peraturan saja.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, 13 Pergub yang akan disederhanakan dalam satu Pergub tersebut, adalah mengenai perijinan dan investasi. Diharapkan, tidak ada aturan yang tumpang tindih.

"Di Jawa Timur ada beberapa Pergub yang akan kita kristalisasi dalam satu Pergub, kaitan perizinan dan investasi. Ada 13 Pergub ini yang akan di kristalisasi dalam satu Pergub," ujarnya, Minggu (19/1/2020).

Sementara itu, untuk Peraturan Daerah (Perda), Khofifah belum memastikan ada berapa Perda yang akan disederhanakan. Hanya saja, kata Khofifah, untuk Perda harus ada koordinasi dengan DPRD Jatim. Dan Khofifah mengaku telah melakukan komunikasi dengan Ketua DPRD Jatim, Kusnadi.

"Saya sudah berapa kali menyampaikan ini dan ini sudah terespon oleh pimpinan DPRD bahwa kita memang akan segera melakukan format Omnibus Law," ucapnya.

Format Omnibus Law ini telah disampaikan Presiden Jokowi pada pidato pertamanya setelah dilantik menjadi Presiden RI periode 2019 - 2024. Konsep ini dilakukan, guna menyederhanakan sejumlah aturan yang panjang dan berbelit.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00