• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Membumikan Pencak Silat Sebagai Wadah Kegiatan Positif, Prestasi, dan Kesehatan

19 January
07:18 2020
0 Votes (0)

KBRN, Mataram : Hidup sehat dan berprestasi sangat murah serta mudah. Pasalnya jika ingin sehat harus dimulai dari hal kecil seperti memiliki pola hidup yang baik dan benar setiap harinya, atau memperbaiki pola hidup yang sebelumnya keliru.

Olahraga pagi sesuai dengan hobi juga bisa dilakukan, misalnya dengan serius menekuni olahraga bela diri Pencak Silat.

Selain menyehatkan badan, Pencak Silat juga bisa memberikan kebanggaan tersendiri bagi pribadi, keluarga dan masyarakat.

Atas dasar inilah para pecinta olahraga Pencak Silat menggelar uji tanding atau simulasi pertandingan di halaman salah satu pusat perbelanjaan besar di Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (19/1/2020).

“Ini menarik dan menjadi suguhan yang menggembirakan terlebih banyak anak-anak yang ikut terlibat,” kata Suherman, salah seorang warga yang menyaksikan uji tanding tersebut kepada RRI.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi wadah yang sangat tepat dalam memasyarakatkan olahraga pencak silat. 

“Kita ketahui bahwa pencak silat ini adalah budaya kita yang harus dilestarikan sehingga kegiatan ini sangat bagus,” sambungnya.

Sementara itu, Aldo salah seorang pesilat usia dini yang ikut ambil bagian pada uji tanding tersebut juga merasa senang dengan adanya kegiatan ini.

Bertanding dengan mengeluarkan kemampuan di bawah aba-aba juri, kemudian memperagakan kelincahan menyerang baik menendang, memukul, serta membanting, dilakukan Aldo dengan sempurna untuk meraih angka penuh.

“Senang ikut yang begini. Jadi kita lawan dan tendang, pukul dan kita banting,” jawabnya polos.

Kegiatan simulasi tanding ini sejatinya bukan untuk mencari menang maupun kalah, akan tetapi lebih kepada menggairahkan olahraga Pencak Silat. Karena sebagai warisan leluhur tidak salah apabila kegiatan semacam ini terus digelar mengingat ancaman untuk berbuat negatif belakangan ini juga sangat masif. Daripada berbuat tak berguna, lebih baik mengisi waktu dengan Pencak Silat, kegiatan positif.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00