• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Harga Gula Naik, Pemprov Jatim Gelar Operasi Pasar dan Turunkan Satgas

18 January
14:22 2020
1 Votes (5)

KBRN, Surabaya : Berdasarkan data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim, harga gula pasir di pasaran telah mencapai Rp13.200 per kilogram. Oleh karena itu, Pemprov menggelar sejumlah operasi pasar.

"Oleh karena itu, pertama Saya akan meminta operasi pasar akan terus dilakukan, apakah oleh Bulog atau kah oleh PTPN terutama PTPN XI," ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (18/1/2020).

Selain menggelar operasi pasar untuk menstabilkan harga, Khofifah juga meminta kepada Satgas Pangan dan KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha) untuk melakukan pengecekan, dan monitoring, adakah potensi-potensi gula yang masih bisa diedarkan di pasar.

"Maka Satgas pangan dan KPPU menjadi penting untuk melakukan pengecekan langsung terutama di gudang gudang Bulog, di gudang gudang PTPN, dan gudang gudang pabrik gula," imbuhnya.

Di Jawa Timur, terang Khofifah, ada 185 ribu ton gula, kalau dihitung kebutuhan masyarakat Jawa Timur sekitar 175 ribu ton sampai dengan bulan mei, sebetulnya masih punya surplus 10 ribu ton. Penghitungan bulan mei, karena bulan ini baru musim giling.

"Tetapi dalam posisi yang ada di gudang, apakah Bulog ataukah gudang PTPN, ada gula ya sudah dalam kontrak jual beli dengan daerah-daerah lain, terutama di 16 Provinsi," terangnya.

Gubernur juga meminta kepada Kepala Disperindag untuk melakukan koordinasi dengan pabrik pabrik gula yang masih memungkinkan ada sisa tebu yang belum digiling. Jadi, tutur Khofifah, maksimalisasi penggilingan itu harus dilakukan.

"Sebetulnya kita punya stok berapa yang masih bisa dimaksimalkan sampai dengan musim giling yang akan datang," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00